Antisipasi Terjadi Lonjakan Kendaraan Dimalam Tahun Baru Polres Cianjur Terapkan Rekayasa Jalur

Dani Jatnika
Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Adhi Prasidya Danahiswara, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Cianjur akan menerapkan rekayasa arus lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan saat libur Tahun Baru 2024. 

Rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional, artinya akan diterapkan jika terjadi kemacetan.

"Sejak pagi tadi, kalau arus kendaraan cukup panjang misalnya hingga ke Pasar Cipanas, maka kita akan lakukan penutupan dari traffic management center (TMC) Bundaran Lampu Gentur, Cianjur. Kita alihkan kendaraan via Jonggol maupun Sukabumi," ujar Kasatlantas Polres Cianjur AKP Adhi Prasidya Danahiswara. 

Rekayasa lalu lintas serupa juga akan diterapkan di jalur Gekbrong menuju ke Sukabumi maupun jalur Ciranjang menuju ke Bandung. Penerapannya sama bersifat situasional.

Pada malam Tahun Baru, sesuai kesepakatan dengan Polres Bogor, akan diterapkan car free night. Tepat pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2023, arus kendaraan ke arah Puncak dari TMC akan ditutup.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan, memastikan di wilayah hukum Polres Cianjur sebetulnya nyaris tidak terdapat simpul-simpul kemacetan, termasuk menghadapi libur Tahun Baru 2024.

Pasalnya, di wilayah Cianjur, terutama di kawasan Cipanas dan sekitar, tidak terdapat objek wisata di pinggir jalan utama yang bisa menyebabkan antrean kendaraan.

"Kalaupun terjadi kemacetan, lebih kepada dampak pemberlakuan satu arah yang dilaksanakan Polres Bogor dalam rangka rekayasa lalu lintas. Akibatnya, terkadang kemacetan arus kendaraannya hingga ke wilayah hukum Polres Cianjur. Kalau antreannya panjang, ekornya bisa sampai ke Cipanas," jelas Aszhari.

Berikut adalah rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan oleh Sat Lantas Polres Cianjur saat libur Tahun Baru 2024:

Jika terjadi kemacetan di jalur Puncak, arus kendaraan dari arah Cianjur akan dialihkan ke jalur Jonggol atau Sukabumi.
Jika terjadi kemacetan di jalur Gekbrong, arus kendaraan dari arah Cianjur akan dialihkan ke jalur Sukabumi.
Jika terjadi kemacetan di jalur Ciranjang, arus kendaraan dari arah Cianjur akan dialihkan ke jalur Bandung.

Penerapan rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan oleh personel Sat Lantas Polres Cianjur dengan dibantu unsur TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network