Wisata Edukasi Kampung Budaya Pandawangi Memprihatinkan Butuh Penataan

Dani Jatnika
Lokasi wisata edukasi pandan wangi Warungkondang, Cianjur, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kabupaten Cianjur, merupakan salah satu penghasil beras terbaik di Jawa Barat. Salah satu varietas beras yang dihasilkan adalah Pandanwangi. 

Potensi alam Cianjur berupa beras dan area pesawahan yang luas, kini tersaji dalam bentuk wisata edukasi yang bernama Kampung Padi Pandanwangi Cianjur. Di tempat ini, wisatawan dapat belajar mulai dari bercocok tanam padi hingga panen, mengenal varietas padi pandanwangi hingga cara bertani lainnya.

Namun, kondisi wisata edukasi Kampung Padi Pandanwangi saat ini memprihatinkan dan membutuhkan penataan kembali. Perlu berbagai sentuhan agar semakin menarik minat wisatawan, yang selain berwisata juga ingin belajar bercocok tanam padi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, mengakui masih butuhnya berbagai sentuhan penataan di kawasan Kampung Budaya Pandawangi. Salah satunya adalah dengan membuka komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meminta anggaran.

"Tahun ini kami mengajukan bantuan anggaran penataan di Kampung Budaya Pandawangi ke Pemprov Jabar. Mudah-mudahan bisa disetujui dan terealisasi," ungkap Danial, saat dihubungi lewat telepon, Minggu (14/1/2024).

Danial mengatakan, ada beberapa fasilitas yang harus dibenahi atau ditambah. Pihaknya berkeinginan di kawasan tersebut terdapat camping ground dan fasilitas penunjang lainnya.

"Sehingga berbagai fasilitas ini nantinya bisa menarik minat pengunjung datang ke Kampung Budaya Pandawangi. Selain tentunya yang jadi pokok yaitu eduwisatanya," katanya.

Danial menambahkan, Disbudpar Kabupaten Cianjur ditargetkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lebih banyak lagi. Untuk tahun ini target jumlah wisatawan bisa mencapai sebanyak 2.250.000 orang.

"Selama tahun 2023 target kunjungan wisatawan sudah tercapai. Jumlahnya mencapai sekitar 2.150.000 orang. Untuk tahun ini targetnya dinaikan menjadi 2.250.000," tuturnya.

Namun, Danial optimistis target tersebut bisa tercapai. Apalagi pada tahun ini sudah disusun calendar of event yang mengakomodir berbagai kegiatan wisata di Kabupaten Cianjur.

"Kita memfasilitasi komunitas yang akan melaksanakan event pariwisata. Ada seni, budaya, kuliner, dan lainnya. Mudah-mudahan dengan adanya calendar of event ini, para wisatawan sudah memiliki rencana berwisata ke Kabupaten Cianjur," pungkas Danial.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network