get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Program Pemberdayaan 1000 Hektar Lahan Pertanian Bisa Atasi Ketahanan Pangan

Senin, 20 November 2023 | 19:32 WIB
header img
Petani tengah memanen padi di sawah Cianjur, Foto Dani Jatnika, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Lahan pertanian di Kabupaten Cianjur sangat luas namun banyak masih banyak lahan pertanian yang belum digarap secara maksimal. 

Hanya beberapa komoditas saja yang sudah dikenal diantaranya beras Pandan Wangi dan sayuran. Padahal masih banyak lahan potensial yang bisa digarap untuk menjadikan hasil pertanian kualitas unggulan.

"Memang benar masih banyak lahan pertanian di Cianjur yang belum digarap secara maksimal. Padahal lahan pertanian kita masih sangat luas untuk digarap," ungkap Bupati Cianjur Herman Suherman, kepada awak media di Pendopo, Senin (20/11/2023).

Menurut Herman Pemkab Cianjur telah membuat program unggulan Pemberdayaan 1000 Hektar Lahan Pertanian untuk dapat menunjang ketahanan pangan di Cianjur sebagai antisipasi krisis global di Cianjur.

“Dengan program tersebut, saya ingin potensi pertanian ini, bisa dimaksimalkan dengan baik. Apakah itu dengan alat yang modern atau dengan teknologi internet atau Internet Of Things dalam mengelola lahan pertanian yang luas dan menghasilkan produk yang melimpah namun dengan tenaga kerja yang lebih sedikit,” kata Herman 

Herman mengingatkan, kita harus mampu mengelola hasil produk hasil pertanian dari hulu ke hilir dengan baik dan bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan petani.

“Kita juga membuka kesempatan kepada sekolah atau kampus untuk dapat membuat alat atau mesin yang mampu meningkatkan produk hasil pertanian yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut