get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

150 Unit Hunian Tetap Korban Gempa Bumi Cianjur Tahap III Mulai Ditempati

Sabtu, 03 Februari 2024 | 21:56 WIB
header img
150 unit Hunian tetap bagi korban gempa bumi Cianjur, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sebanyak 150 unit  rumah hunian tetap (Huntap) tahap III bagi warga penyintas korban gempa bumi di Desa Babakankaret, Kecamatan Cianjur Kota selesai dibangun dan segera ditempati.

Menurut Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Hendri Prasetyadi menyebutkan, kepastian Huntap tahap III akan segera ditempati qarga penyintas karena 150 rumah sudah selesai dibangun. Termasuk rampungnya akses jalan dan rumah ibadah berupa sebuah Masjid.

“Untuk pembangunan rumah Huntap tahap III di Desa Babakankaret, Kecamatan Cianjur mencapai tahap penyelesaian. Bangunannya sudah 100 persen dibangun semua,” ujar Hendri, saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (3/02/2024).

Namun Huntap tahap III ini masih ada beberapa kekurangan akses sarana pendukung. Akan tetapi akses tersebut tengah dikerjakan oleh Kementrian PUTR.

"Tinggal sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti sarana air, penerangan jalan umum (PJU). Ditargetkan sekitar 6 hari kedepan akan selesai,” ungkapnya.

Sedangan untuk serah terima Huntap tahap III tersebut dari Pemerintah ke penerima, Perkimtan  masih menunggu intruksi .

“Untuk serah terimanya kami masih menunggu intruksi pimpinan,” pungkasnya.

Huntap tahap III bagi warga penyintas korban gempa bumi di Desa Babakan Karet Kecamatan Cianjur, merupakan Huntap terakhir yang dibangun pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.  Sebelumya Kementrian PUTR sudah membangun Huntap sebanyak 200 unit di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku dan 151 Huntap tahap II di Desa Murnisari, Kecamatan Mande.

Dengan selesainya pembangunan Huntap tahap III berarti semua korban gempa bumi di zona merah yang kehilangan rumahnya saat  terjadi gempa bumi 5,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Cianjur (21/11/22) semuanya sudah mendapat rumah baru.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut