get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

BMKG Pastikan Huntap Cianjur Aman Untuk Ditempati

Jum'at, 01 September 2023 | 15:33 WIB
header img
Hunian tetap (Huntap) bagi korban rumah rusak berat pasca gempa bumi Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Rumah hunian tetap (Huntap) tahap III untuk warga penyintas korban gem bumi di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur sebanyak 191 unit akan segera dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dari hasil kajian dan pengamatan yang dilakukan BMKG atas lahan perkebunan seluas 3 hektar tersebut mengeluarkan rekomendasi dapat dilakukan pembangunan.

"Hasil kajian yang telah dilakukan BMKG di area tersebut dinyatakan aman untuk pembangunan perumahan relokasi tahap III di Desa Batulawang," ujar Juru Bicara Penanganan Bencana Gempa Cianjur, Budi Rahayu Toyib di kantornya, Kamis (31/8/2023) kemarin.

Menurut Budi, diatas lahan tersebut akan segera dibangun perumahan relokasi tahap III sebanyak 191 huntap yang diperuntukkan bagi warga penyintas dari lima kecamatan yang tinggal di zona merah.

Pihaknya telah mengajukan Surat Keterangan (SK) bagi calon penghuni rumah relokasi tahap III yang berasal dari Desa Cijedil sebanyak 123 orang, Cibulakan 2 orang, Cibeureum 1 orang, Sarampad 11 orang dan dari Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur sebanyak 53 orang.

"Untuk membangun kembali perekonomian warga penyintas gempa di perumahan relokasi Pemda Cianjur akan memberikan pelatihan keterampilan dari dinas terkait seperti pelaku UMKM, tata boga, menjahit, mekanik dan tukang cukur rambut, termasuk memberikan modal usaha," pungkas Budi.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut