Jelang Idul Adha Sejumlah Komoditas di Pasar Tradisional Cianjur Masih Stabil

Dani Jatnika
Monitoring harga oleh Diskuperinsagin Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Tiga minggu menjelang Idul Adha 1444 Hijriyah berbagai komoditas di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur cenderung stabil belum ada lonjakan harga.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Dikuperdagin) Kabupaten Cianjur, Komarudin yang melakukan pemantauan ke sejumlah pasar tradisional.

Menurut Komarudin, dalam  sepekan terakhir pergerakan harga maupun stok berbagai komoditas kebutuhan masyarakat menghadapi hari raya Idul Adha secara umum harga saat ini terbilang masih normal.

"Hingga saat ini setelah melakukan pemantauan hampir semua harha kebutuhan pokok belum ada kenaikan masih stabil. Munkin belum ada lonjakan permintaan dari masyarakat menjelang Idul Adha," ujar Komarudin kepada awak media di pasar Cibeber, Kamis (8/6/2023).

Komarudin menambahka ada juga beberapa komoditas yang harganya mengalami kenaikan diantaranya komoditas jenis cabai. Seperti cabai merah keriting yang semula kisaran Rp37.500 per kilogram naik menjadi Rp38 ribu per kilogram. Namun kenaikannya masih dalam tahap wajar.

"Mungkin lebih kepada dipengaruhi faktor cuaca. Sehingga pasokan menjadi berkurang. Bukan karena peningkatan kebutuhan," tambah Komarudin.

Sedangkan harga komoditas cabai rawit relatif turun. Semula harganya kisaran Rp40 ribu per kilogram, sekarang jadi Rp38 ribu per kilogram. Ini juga dipicu faktor pasokan yang cukup banyak di pasaran.

Sedangkan menyangkut harga telur ayam, saat ini harganya masih cukup mahal. Penyebabnya dipicu harga pakan yang cukup mahal.

"Kalau harga telur ayam  hingga saat ini memang belum turun, masih mahal. Namun ini terjadi juga di seluruh Indonesia. Hampir semua di pasar tradisonal Cianjur harga telur masih di kisaran Rp33 ribu per kilogram," pungkas Komarudin.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network