Cabe-cabean di Pasar Naik, Diskuperindagin Cianjur: Malah Turun

Dani Jatnika
Lapak pedagang di pasar rakyat Ciranjang, Foto : istimewa

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Harga cabe disejumlah pasar tradisional di Cianjur kembali mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Rakyat Ciranjang Induk Cianjur (PCI), Mamat Asikin (40) membenarkan jika harga cabe mengalami kenaikan. Sebelumnya, harga cabe hijau dijual Rp 40 ribu/kg kini sudah melonjak berada di kisaran 60rb/kg, cabe merah kriting dari 45rb/kg sebelumnya menjadi 38rb/kg, rawit domba 75rb/kg padahal sebelumnya 57rb/kg.

"Saat ini memang harga cabe  mengalami kenaikan cukup tinggi. Tapi kadang turunnya juga anjok, jadinya tidak menentu," ujar Mamat saat ditemui sedang berjualan, Kamis  1 Agustus 2024.

Menurut Mamat, jika berbicara untung rugi, akibat naik malah pembeli jadi berkurang dan cabe banyak yang busuk karena tidak laku. 

"Pembeli kebanyakan yang biasa berjualan makanan seperti tukang bakso, restoran. Kalau warung dan rumahan justru berkurang yang biasa beli satu kilo sekarang belinya setengah kilo. Otomatis penjualan berkurang dan sebagian beralih ke cabe kering," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Diskuperdagin Kabupaten Cianjur, Tera Mulya mengatakan hal yang berbeda justru menurutnya mengalami penurunan 

 "Untuk sebagian jenis cabe kami mencatat mengalami penurunan harga," jelasnya.

Pasalnya menurut Mulya, harga eceran tertinggi (HET) dari sejak tanggal 29 Juli 2024 cabe merah kriting Rp 44 ribu/kg mengalami penurunan sekitar 8.400. Sedangkan, harga cabe merah besar Rp 49.100/kg mengalami penurunan sekitar 3.000, cabe rawit merah 78.400/kg lalu cabe rawit hijau 57.000 ribu/kg. 

"Beberapa jenis cabe  memang ada yang mengalami penuruna dari HET tapi mungkin juga ada yang naik lagi,"pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network