get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

KPU Cianjur Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Senin, 05 Februari 2024 | 16:27 WIB
header img
KPU Cianjur mulai distribusikan logistik ke Kecamatan pelosok Cianjur, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur mulai mendistribusikan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dari gudang logistik KPU Cianjur di Jalan Raya Bandung ke 32 kecamatan selama lima hari.

Untuk hari pertama logistik akan didistribusikan ke delapan Kecamatan di wilayah Cianjur Selatan dan sekitarnya karena jaraknya cukup jauh dari kota, kemudian baru kemungkinan ke kecamatan diwilayah Utara. Kedelapan kecamatan yang berada di Cianjur Selatan tersebut yaitu kecamatan Leles, Sindangbarang, Agrabinta, Tanggeung, Cidaun Cibinong, Cikadu dan Naringgul.

"Pendistribusian pertama kita prioritaskan ke delapan kecamatan yang terjauh dari kota Cianjur. Karena dari kecamatan akan kembali didistribusikan ke TPS yang titik lokasinya jauh tidak masuk kendaraan roda empat harus menggunakan motor," ujar Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan sekaligus Wakil Ketua Logistik KPU Cianjur, Misbahudin kepada awak media di gudang logistik KPU Cianjur, Senin (5/2/2024).

Menurut Misbahudin, target pendistribusian berlangsung lima hari dari mulai hari ini Senin (5/2/2024) hingga Sabtu (10/2/2024). Semua logistik sudah terdistribusi dari gudang KPU Cianjur ke 32 kecamatan. Dan H-2 atau paling lambat H-1 itu sudah sampai Ke TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Dikatakannya, adapun logistik yang digunakan untuk penyelenggaraan pemilu adalah kotak suara, paku coblos, tinta, serta bilik suara, sampul kertas, formulir, alat bantu tunanetra, daftar pasangan calon presiden dan wakil presiden serta daftar calon tetap pemilu legislatif.

Ia menuturkan, logistik yang dikirim ke TPS sudah melalui proses sortir dan lipat. Seluruh yang akan dikirim sudah dipastikan tidak ada yang rusak ataupun tertukar dengan daerah pemilihan lain. Pengepakan pun dilakukan per TPS sehingga tidak ada lagi proses pembongkaran logistik, kecuali saat mulai digunakan di TPS.

Disisi lain seluruh logistik yang akan dikirim telah dilapisi plastik. Tidak hanya plastik luar, tetapi beberpa logistik seperti surat suara yang dimasukan ke kotak suara dilapisi plastik. Pengepakan plastik tersebut dilakukan untuk mencegah kerusakan jika logistik terkena air.

Termasuk kesiapan mobil logistik yang di digunakan untuk pengiriman logistik agar tidak mogok dan terguyur hujan sehingga tiba ketujuan tepat waktu dan tidak ada kerusakan.

Dia mengatakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten  Cianjur pada Pemilu 2024 sebanyak 1.832.583 jiwa, terdiri dari 931.167 pemilih laki-laki, dan 901.416 pemilih perempuan dan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 7.278 yang tersebar di 360 desa dan kelurahan di 32 kecamatan di Cianjur.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut