get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Diguyur Hujan, Cianjur Dilanda Bencana Mulai Banjir Hingga Pohon Tumbang

Sabtu, 04 November 2023 | 21:07 WIB
header img
Petugas BPBD Cianjur saat mengevakuasi pohon tumbang, pasca diguyur hujan selama tiga jam di Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Hujan deras yang disertai angin kencang melanda wilayah Cianjur, mengakibatkan puluhan pohon tumbang di sejumlah titik.

Pohon tumbang yang ke jalan sempat menutup akses kendaraan san menimpa tiga unit kendaraan.

"Lokasi pohon tumbang yang besar tejadi di empat titik yaitu di jalan Arief Rahman Hakim depan departemen store Jogya, di jalan KH. Abdullah bin Nuh depan kantor DPRD, di jalan Jebrod dekat kantor Disdikpora depan toko Yul Grosir dan di Pasir Hayam. Kalau pohon yang kecil banyak juga bertumbangan di beberapa tempat. Namun petugas BPBD langsung melakukan evakuasi agar akses jalan yang sempat terhalang pohon tumbang bisa dilalui kendaraan lagi itu dulu yang kami utamakan," ujar Kepala Pelakasana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Sukmanawijaya saat dihubungi iNewsCianjur lewat sambungan telepon, Sabtu (4/11/2023).

Menurut Asep yang paling parah pohon tumbang terjadi di Jl. Araha depan Jogja Depstore, pohon berukuran besar tumbang menimpa tiga buah mobil, dua angkot dan satu Minibus Avanza, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut hanya sopir salah satu kendaraan mengalami luka ringan dan langsung dievakuasi.

"Petugas kami sedang melakukan evakuasi dibantu polisi dan warga untuk mengevakuasi tiga buah mobil dan dahan dan ranting pohon," tuturnya.

Asep menambahkan pihaknya masih menunggu laporan dari petugas dilapangan diberbagai daerah lainnya, karena hujan besar disertai angin kecang merata terjadi hampir diseluruh wilayah Cianjur dan sekitarnya.

"Semoga saja di tempat lain tidak terjadi bencana. Kami masih menunggu laporan dari petugas dilapangan dan mitra kami relawan tanggap bencana (Retana) di sejumlah wilayah karena hujan kali ini sangat besar dan disertai angin kencang melanda semua wilayah di Cianjur Utara," tambah Asep

Pantauan iNewsCianjur di Jl. Araha depan Depstore Jogja, sebuah pohon berukuran besar tumbang setelah diterjang hujan deras dan angin kencang. Pohon besar itu menimpa dua mobil angkot dan satu mobil pribadi minibus Avanza dan menutup jalur kendaraan dari dua arah  ke Cikidang dan Ramayana.

Akibatnya, arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan parah karena kendaraan tidak bisa melintas. Untuk mengurai kemacetan, petugas melakukan contraflow agar kemacetan terurai.

Petugas BPBD Cianjur yang datang ke lokasi melakukan evakuasi dan memotongi batang pohon yang melintang di tengah jalan dan memindahkan tiga bangkai kendaraan kepinggir jalan. Setelah itu jalur kembali bisa dilintasi kendaraan menjelang petang.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut