get app
inews
Aa Read Next : Bantuan Uang Belasungkawa, ini Janji Kades untuk Bantu Warga

Kordik Cikalongkulon Kukuhkan Pengurus KKG Bahasa Sunda dan Olahraga Masa Bakti 2022 - 2024

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 14:24 WIB
header img
Kordik Cikalongkulon Kukuhkan Pengurus KKG Bahasa Sunda dan Olahraga Masa Bakti 2022 - 2024 ( Poto: Andri Sutisna / iNewsCianjur.id )

CIANJUR, iNews.id - Koordinator Pendidikan (Kordik) Kecamatan Cikalongkulon, Munawar, mengukuhkan Pengurus Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Bahasa Sunda di Aula Gedung PGRI Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat, (12/8/22).

Pengukuhan pengurus Kelompok Kerja Guru ( KKG ) bahasa Sunda dimagsudkan untuk menjaga dan melestarikan bahasa daerah di tatar Pasundan.

" Iya, pada hari ini, kami telah membentuk dan mengukuhkan Pengurus I sampai dengan V KKG Bahasa Sunda, KKG Olahraga Kecamatan Cikalongkulon masa bakti 2022 - 2024," katanya.

Munawar menyebutkan, bahwa saat ini, tidak sedikit orang yang menggunakan bahasa nasional meskipun tinggal didaerah.

" KKG bahasa sunda baru dibentuk, dan tugas pengurus kedepannya salah satunya untuk menjaga, melestarikan, bahasa Sunda agar selalu digunakan, selama ini kan di perkampungan juga banyak orang menggunakan bahasa Indonesia, nah dengan dibentuknya KKG nantinya bahasa Sunda akan digaungkan kembali," paparnya menjelaskan.

Sementara Ketua KKG Bahasa Sunda, Jembar Nurhidayat mengatakan bahwa langkah yang akan dilakukan pertama untuk meningkatkan kembali minat para murid dengan bahasa Sunda ialah dengan menerapkan pelajaran bahasa Sunda dengan berbagai pariasi.

" Tentunya langkah yang harus dilakukan untuk membangun kembali bahasa Sunda supaya nyora ( bersuara ) dengan cara  terus konsisten memberi pelajaran bahasa Sunda dengan berbagai pareasi supaya bisa diminati oleh anak atau siswa,"ujarnya.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut