Dandim 0608/Cianjur Buka Persami Bakti Saka Wira Kartika

Elan Hermawan
Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto, membuka secara resmi Persami Bakti Saka Wira Kartika 2024 di bumi perkemahan Mandala Kitri Cibodas pada Sabtu, 8 Juni 2024.

CIANJUR, iNewsCianjur - Komandan Kodim (Dandim) 0608/Cianjur Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto, membuka secara resmi Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Bakti Saka Wira Kartika 2024 di bumi perkemahan Mandala Kitri Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Dalam pembukaan kegiatan bertema 'Bersatu dengan Alam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan, dan Peduli Lingkungan' tersebut, Kak Yerry menyebutkan Persami Bakti Saka Wira Kartika Kodim 0608/Cianjur ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin.

"Ajang ini bertujuan untuk membentuk pemimpin bangsa dimasa depan agar memiliki kepribadian yang kuat, disiplin, pantang menyerah, inovatif, serta mendorong keberhasilan cita-cita bangsa. Untuk itu saya berharap kepada seluruh peserta agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik," kata Kak Yerry.

Dirinya juga mengingatkan pada generasi untuk menjadi pribadi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil, berpengetahuan, sehat kuat jasmani, serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

"Melalui kegiatan persami saat ini, mari kita gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita. Seperti halnya semangat Jenderal Besar Soedirman," ungkapnya.

Perjuangan di masa sekarang, lanjut Kak Yerry, bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu, melainkan perjuangan untuk membangun bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

"Kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata," ungkapnya.

Dia pun berharap, generasi penerus dari segenap anggota pramuka Saka Wira Kartika bersama-sama seluruh komponen bangsa di tanah air bisa mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat, juga terhidnar dari narkoba. 

Pada kegiatan tersebut, para peserta diberikan berbagai materi seperti pembinaan syarat kecakapan khusus Saka Wira Kartika, seperti krida navigasi darat, krida pionering, krida montenering, krida survival, dan krida penanggulangan bencana.

"Termasuk pembinaan kesadaran bela negara dan outbound untuk meningkatkan kedisiplinan, kepemimpinan dan tanggung jawab. Materi wawasan kebangsaan yang meliputi empat konsensus dasar bangsa, sejarah nasional, paham radikalisme, bahaya laten komunis, dan proxy war juga akan diajarkan dalam persami ini" ungkapnya.

Acara tersebut juga dihadiri Kasdim 0608/Cianjur Mayor Arm Nanda Supriyatna, Danramil 08-04/Cipanas Kapten Arm Yayan Ruhiat, Pasiter Kodim 0608/Cianjur Lettu Inf Ronald Agus Shandi Purba,  dan pembina Pramuka dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Cianjur.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network