Disdukcapil Cianjur Layani Perekaman KTP Pemula dan Aktivasi IKD

Taufik Winata
Pelayanan perekaman KTP bagi pemula di Kecamatan Cibeber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Cianjur jemput bola berikan layanan pencetakan KTPel, dan juga aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), di Kecamatan Cibeber, Jumat (8/9/2023).

Petugas operator Disdukcapil di Kecamatan Cibeber, Teti Relawati mengatakan, sesuai dengan instruksi untuk memberikan pelayanan perekaman KTP pemula serta aktivasi IKD bagi masyarakat di masing masing desa.

"Kalau surat perintah perekamannya dari Disdukcapil Cianjur tertanggal 28 juli, namun untuk di wilayah kecamatan Cibeber mulai dilaksankan dari tanggal 18 agustus 2023," kataTeti.

Menurut Teti, kegiatan perekaman KTP, merupakan upaya jemput bola dari Disdukcapil Cianjur dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat di seluruh wilayah Kecamatan Cibeber.

"Di Cibeber ini ada 18 desa, dimana masyarakatnya bertempat tinggal jauh dari Kantor Kecamatan, mungkin warga karena jauh dan memerlukan biaya ongkos yang tidak sedikit,  mereka enggan melakukan perekaman, jadi kami yang datang mendekat dengan buka pelayanan di kantor desa masing masing," kata Teti.

Sementara itu Plt Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur, Fauzy R Razab mengatakan, saat ini warga Cianjur yang sudah memiliki fisik KTPel bisa mengaktivasi ke sistem digital yakni Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Kami dari Disduk Capil Cianjur, akan terus berupaya dan bersosialisasi melalui medsos ataupun dengan cara langsung datang ke desa-desa," katanya.

Fauzy mengatakan, IKD tenrunya akan lebih mempermudah masyarakat sehingga tidak usah takut hilang KTPel nya, lantaran sudah ada di hapenya.

"Jadi, IKD ini nantinya bisa diakses atau tersimpan di hapenya masing-masing," jelasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network