get app
inews
Aa Read Next : Jadi Kebanggaan Cianjur Perkesit Satu Badak Putih Diarak Keliling Cianjur

Muslim Footballer Cianjur, Cara Dakwah Dalam Olahraga

Selasa, 07 Juni 2022 | 15:40 WIB
header img
Muslim Footballer Cianjur (MFC). (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id - Muslim Footballer Cianjur (MFC) adalah salah satu komunitas pecinta olahraga sepakbola di Cianjur. Komunitas ini juga eksis di beberapa kota besar lainnya seperti di Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, Jakarta dan Bandung.

Pengelola MFC Cianjur, Iman Firmansyah mengatakan, berbicara soal dakwah atau syi'ar bagi seorang muslim, ada banyak cara yang bisa dilakukan, di manapun dan dalam kondisi apapun, termasuk dalam bidang olahraga. 

"Tutup auratnya yaa, jangan lupa," kata Iman Firmansyah, Pengelola MFC Cianjur, ketika sedang breefing sebelum bermain bola, Selasa.

Diketahui, MFC sebagai salah satu komunitas pecinta olahraga sepakbola yang berkonsep islami ini, mengedepankan cara dakwah yang moderen dan menerapkannya kepada anggota komunitasnya, yakni anjuran menutup aurat kepada laki-laki ketika sedang berolahraga sepakbola.

Dalam keyakinan seseorang muslim tentu saja haram dan merupakan sebuah dosa bila aurat terbuka, termasuk bagi kaum pria. Di komunitas ini, yang seratus persen anggotanya adalah laki-laki, pun sudah diterapkan kewajiban menutup auratnya.

Komunitas ini berdiri sekitar satu tahun lalu, tepatnya 26 Juni 2021 di Kabupaten Cianjur, dengan sekertariatnya yang berdomisili di wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Sebagai pengingat, ujar Iman, yang termasuk aurat laki-laki adalah dari area pusar ke bawah, sampai ke lutut kaki. Artinya, bila kelihatan paha yang notabene terletak di atas lutut, itu termasuk aurat. Paha sering kali kelihatan di saat orang sedang bermain sepakbola, karena rata-rata pemain sepakbola biasanya hanya memakai kolor atau celana pendek.

"Ke depan kalau bermain bola, pake celana legging. Ya! Supaya auratnya tertutup," tandasnya.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut