get app
inews
Aa Read Next : Sambil Ngopi, Hingga Bahas UMKM Bareng Sandiaga Uno

Era Digital, Ini Cara Jitu Menparekraf Ciptakan Pekerjaan

Jum'at, 03 Juni 2022 | 12:57 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id,- Banyak cara menciptakan lapangan pekerjaan (Lapker) di era digital saat ini. Tak perlu modal besar, tak butuh tempat yang lebar. Semua orang pasti bisa melakukannya, dengan catatan harus kreatif.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, yang dilansir dari iNews.id di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

"Intinya mau berinovasi dan tekun menjalaninya," katanya.

Sandiaga mengatakan, semua aspek sistem kehidupan bisa didigitalisasi, tentu akan sangat mungkin ada sesuatu lebih dibalik digitalisasi itu. 

"Bisa kita olah menjadi sesuatu positif, bahkan bisa jadikan sesuatu bernilai komersil," terangnya.

Misalnya, menurut Sandiaga, berdagang dengan cara digital atau online, jadi youtuber, jadi penyanyi dengan mengcover lagu, dan sampai membuat film pendek sendiri. Hanya dengan menggunakan alat sederhana seperti handphone, semua itu bisa dikerjakan.

"Seperti baru ini dibuka pendaftaran festival film pendek Family Sunday Movie (FSM) periode Juni," jelas dia.

Hal senada masih diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menginformasikan, bahwa ada yang spesial dalam gelaran FSM kali ini, yaitu kolaborasi dengan Lake Toba Film Festival, antara FSM dan Lake Toba Film Festival, dinilai sebagai salah satu langkah jitu dalam upaya menghidupkan ekosistem perfilman. 

"Diharapkan bisa mempercepat proses pemulihan ekonomi dan membuka lapangan kerja," ujarnya.

Sandiaga menyambungkan, kolaborasi FSM dengan Lake Toba Film Festival adalah salah satu strategi yang kami lakukan untuk menghidupkan ekosistem perfilman sekaligus memotivasi para sineas muda.

"Agar mengambil peran dalam proses kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," timpal Sandiaga, Jumat (3/6/2022).

Hal ini, ia menuturkan, juga merupakan realisasi dari visi misi FSM sendiri, yaitu sebagai wadah bagi para sineas muda untuk memperluas jaringan, mendistribusikan karya, dan mendapatkan apresiasi.

Tak hanya itu, Sandiaga menjelaskan, FSM juga berkolaborasi dengan Indonesian Film Community Network (IFCN) membuat paguyuban virtual dengan nama Sineas Tukar Pikiran (SIARAN), yang diadakan setiap minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan.

"Agar para sineas dari seluruh Indonesia dapat terhubung, saling mendukung, dan bergerak bersama," pintanya.

Ia berharap, berbagai wadah pihaknya sediakan bisa dimanfaatkan dengan baik, karena di era baru pasca pandemi ini dibutuhkan kolaborasi melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Nah! Termasuk peran aktif dari para sineas," pungkas Sandiaga.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut