get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pagelaran Tambah Poli Rehab Medik

Puluhan Buaya Lepas dari Penangkaran, Begini Penjelasan Pemilik Pertama Kolam Penangkaran

Kamis, 03 Oktober 2024 | 15:47 WIB
header img
Salah satu buaya penangkaran lepas, setelah dindingnya jebol, Foto : iNewsCianjur.id/Dani Jatnika.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Hujan deras yang mengguyur Cianjur pada Rabu (2/10/2024), menyebabkan tanggul kolam penangkaran buaya milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Bogor jebol.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kampung Gunung Calung, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur.

Akibat jebolnya tanggul, puluhan buaya berhasil kabur. Meskipun tim penyelamat berhasil menangkap kembali lima ekor buaya, keberadaan puluhan lainnya masih belum diketahui.

Nu Yan, pemilik awal kolam penangkaran, menjelaskan bahwa buaya-buaya tersebut telah diserahkan kepada BKSDA sejak tahun 2016 karena merupakan satwa yang dilindungi. Namun, BKSDA menitipkan kembali buaya-buaya ini di lokasi tersebut.

"Hujan deras menyebabkan air sungai meluap dan merusak tanggul kolam. Tanggung jawab atas kejadian ini sepenuhnya berada pada BKSDA sebagai pihak yang mengelola satwa-satwa tersebut," tegas Nu Yan, Kamis (3/10/2024).

Camat Cianjur, Tom Dani Gardiat, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat beraktivitas di sekitar sungai. "Kami perkirakan ukuran buaya-buaya yang lepas mencapai hingga 6 meter. Masyarakat diharapkan segera melaporkan jika melihat keberadaan buaya," ujarnya.

Tim penyelamat dari Damkar Cianjur terus melakukan pencarian di sepanjang aliran sungai. Namun, proses pencarian masih terkendala oleh kondisi lingkungan yang sulit.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut