get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Kota Cianjur Diselimuti Tumpukan Sampah, DLH; Dampak Perubahan TPSA

Senin, 04 Maret 2024 | 19:11 WIB
header img
Tumpukan sampah di jalan protokol kota Cianjur, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pemandangan tak mengenakan kini terjadi di jalan sejumlah jalan protokol di Kota Cianjur. Betapa tidak sejumlah jalan protokol kini dihiasi sampah yang berserakan dan menumpuk.

Dari hasil pantauan iNewsCianjur.id menumpuk dan berserakannya sampah rumah tangga tersebut terlihat mulai menumpuk sejak Minggu (3/3/2024) pagi. Seperti di Jalan Siliwangi, Jalan Mokhamad Ali, Jalan Siti Jenab, Jalan Raya Sukabumi, Jalan Pangeran Hidayatullah, dan Jalan Ir. H. Juanda. Bahkan hingga Senin sore sampah tersebut masih juga belum diangkut.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur Ahmad Rifa'i, penyebab penumpuknya sampah tersebut akibat adanya perubahan lokasi TPAS.

"Sejak masa darurat sampah berakhir pemerintah sudah tidak boleh membuang sampah ke TPAS Pasir Sembung Kecamatan Cilaku karena kini sudah dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sehingga pemerintah harus mengangkut sampah ke TPAS Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon, yang jarangkanya cukup jauh," ujar Rifa'i kepada awak media, Senin (4/3/2024)

Rifa'i menjelaskan, terdapat beberapa kendala diantaranya truk pengangkut sampah milik DLH terdapat beberapa yang rusak. Sedangkan untuk jalan ke TPAS Mekarsari harus dengan mobil yang kondisinya normal karena jalannya cukup curam menaik dan menurun.

"Akibatnya hanya beberapa mobil yang jalan, sehingga ada keterlambatan dalam mengangkut sampah yang menyebabkan sampah jadi menumpuk. Namun pihaknya memastikan sampah yang menumpuk dipinggir jalan akan diangkaut," ungkapnya.

Pihaknya menargetkan dalam beberapa hari ke depan sampah yang menumpuk di sejumlah wilayah itu akan diangkut dan dibuang ke TPSA Mekarsari. Untuk menunjang kecepatan pengangkutan pihaknya sudah mengajukan penambahan armada truk baru ke pemkab dan pemerintah pusat.

“Selain itu kami juga berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (BP2P) Jawa II Jabar dan sudah memberi kabar akan meminjamkan tiga dump truck, namun belum tahu pasti kapan dapat diambil. Kami juga masih berupaya meminjam ke pusat dan provinsi dengan harapan truk dengan kapasitas banyak," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut