get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pagelaran Tambah Poli Rehab Medik

Kecamatan Sindangbarang Cianjur Ikuti Perlombaan Posyandu Tingkat Kabupaten

Kamis, 09 November 2023 | 10:04 WIB
header img
Kader Posyandu Kecamatan Sindangbarang Cianjur selatan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id -Kecamatan Sindangbarang Cianjur, mengikuti perlombaan posyandu tingkat kabupaten dalam rangka mempercepat perkembangan posyandu aktif dalam pelayanan terpadu.

"Semoga lomba posyandu ini dapat meningkatkan peran aktif masyarakat serta  menjadi contoh bagi posyandu yang lainnya. Lomba merupakan upaya pemerintah kabupaten dalam mengevaluasi pelaksanaan posyandu ," kata Sekretaris Kecamatan Sindangbarang Cianjur, Dadang Triyana SH, Rabu (8/11/2023).

Pihaknya berharap dalam penilaian lomba posyandu kali ini, Kecamatan Sindangbarang masuk dalam lima indikator penilaian, yakni administrasi posyandu yang terdiri dari kelembagaan posyandu, pengelolaan, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi.

"Tim penilai telah melakukan penilaian lapangan yang terdiri dari tim antara lain, TP PKK, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dinas serta Dinas Kesehatan," ujarnya.

Menurutnya, proses penilaian posyandu tidak hanya sekedar menilai baik dan kurangnya saja, tetapi disertai dengan memberikan pemahaman pelayanan posyandu dilaksanakan.

“Lomba tersebut sekaligus dalam rangka melakukan pembinaan. Dari lomba ini dapat terlihat apa yang masih perlu ditingkatkan,” sambungnya.

Dadang menambahkan, penilaian posyandu mengacu pada indikator penilaian evaluasi manajemen posyandu, evaluasi kegiatan penyuluhan posyandu, pelayanan gizi melalui pelayanan posyandu, serta sarana dan administrasi posyandu.

"Posyandu merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi pelayanan, yakni pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar," jelasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut