get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Benarkah Program 1000 KM Jalan Beton di Cianjur Surplus

Minggu, 08 Oktober 2023 | 08:44 WIB
header img
Dokumentasi Dinas PUTR Cianjur, Foto : istimewa

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Program 1000 Kilometer Jalan beton menjadi salah satu visi dan misi Pemkab Cianjur dimasa kepemimpinan bupati dan wakil bupati Cianjur. 

Ada lima program unggulan yang dijadikan dalam visi misi lima tahun kepemimpinan Bupati Cianjur H Herman Suherman, diantaranya, program pemberdayaan 1000 Kobong, peningkatan produktivitas 1000 hektar lahan pertanian, Cianjur caang, 10 ribu UMKM, dan 1000 kilometer Jalan beton. 

Salah satu program 1000 kilometer Jalan beton dinilai Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur hingga bulan Oktober 2023 capaiannya sudah melebihi dari target dalam setiap tahunnya, baik dari masing-masing Dinas seperti PUTR, lebih dari 100 persen, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) sebesar 200 persen, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang mana membawahi desa-desa di Kabupaten Cianjur sebesar 70 persen. 

Kepala Dinas PUTRI Cianjur Eri Rihandiar mengatakan, untuk Dinas yang dibawah naungannya itu ditargetkan dalam satu tahun harus bisa mengerjakan sepanjang 27 kilometer Jalan beton, namun fakta di lapangan ternyata bisa nembus 72 kilometer. 

"Alhamdulillah kalau capaian target pertahun kita dari PUTRI itu surplus, atau melebihi dari target capaian," kata Eri saat ditemui di Pendopo Cianjur belum lama ini. 

Eri mengatakan, Pemkab Cianjur belum lama ini mendapatkan bantuan pinjaman modal untuk perbaikan Jalan dari bank BJB adapun anggarannya digunakan sepenuhnya untuk perbaikan beberapa ruas jalan dengan mayoritas di Cianjur selatan, seperti di Cipelah, Sinagar, Leles, Cijati, dan Cidaun yang merupakan status Jalan Kabupaten. 

"Selain menggunakan dari anggaran pinjam, Pemkab Cianjur juga dapat bantuan dari pemerintah pusat yakni Kementerian PUPR," katanya. 

Perlu diketahui lanjut Eri, program 1000 kilometer Jalan beton yang dimaksud tidak serta merta tanggungjawab sepenuhnya oleh Dinas PUTR melainkan ada Dinas Perkimtan meliputi seluruh Jalan lingkungan, dan juga DMPD  yang meliputi Jalan ditingkat desa.

"Pada dasarnya dari manapun sumber anggaran perbaikan jalan beton, baik itu Dana Desa (DD), dalam hal ini DPMD, Perkimtan, dan PUTR maka akan dijadikan sebagai program 1000 kilometer Jalan beton," ucap Eri.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut