get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Cuaca Ektreme Alat Berat Disiagakan di Titik Ruas Jalan Rawan Longsor

Jum'at, 08 Desember 2023 | 18:52 WIB
header img
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, Foto : iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur mensiagakan alat-alat berat di sejumlah titik ruas jalan karena diwaspadai berpotensi terdampak tanah longsor mengingat cuaca ekstrem bersamaan tingginya curah hujan. 

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengaku terdapat beberapa titik ruas jalan kabupaten yang merupakan daerah langganan longsor. Karena itu, di tempat tersebut atau di wilayah terdekat ditempatkan alat berat. 

"Karena curah hujan masih tinggi, kami tempatkan alat berat di setiap titik yang jadi langganan longsor," kata Eri, Jum'at (7/12/2023). 

Eri mengatakan, penyiagaan alat berat, untuk memudahkan penanganan seandainya terjadi longsor yang menimbun badan jalan kabupaten. Setiap UPTD di 11 wilayah yang tersebar diberbagai kecamatan pun sudah diimbau untuk selalu waspada. 

"Kami juga selalu koordinasi dengan provinsi seandainya longsor menutup ruas jalan provinsi. Demikian juga dengan pihak kementerian kalau ada ruas jalan nasional yang terdampak longsor," katanya. 

Selain tanah longsor, Dinas PUTR juga mewaspadai kerawanan pohon tumbang. Potensinya akhir-akhir ini cenderung meningkat karena hujan kerap disertai angin kencang.

 "Kondisi ini tentu berpotensi terhadap berbagai bencana, termasuk kerawanan pohon tumbang," tutur Eri. 

Dibeberapa titik pepohonan tersebar diberbagai ruas jalan berstatus milik kabupaten. Saat ini pihaknya wfokus upaya pencegahan pohon tumbang rata-rata berada di wilayah pusat kota. 

"Pemangkasan atau penebangan pohon rawan tumbang sedang berjalan. Fokusnya saat ini masih di wilayah pusat kota. Sebagian lagi berada di luar wilayah kota," ungkapnya. 

Penanganan potensi kerawanan pohon tumbang dilakukan lintas sektoral dengan perangkat daerah teknis lain. Misalnya dengan Dinas Lingkungan Hidup. 

"Kami juga berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah lain untuk mencegah terjadinya pohon tumbang," pungkas Eri.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut