get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Warga Dua Desa di Cibeber Inisiatif Perbaiki Jalan Kabupaten

Senin, 14 Agustus 2023 | 16:16 WIB
header img
Warga tampak bergotong royong perbaikan jalan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Warga dari dua desa di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur terpaksa harus memperbaiki akses Jalan Kabupaten, Senin (14/8/2023).

Warga yang memperbaiki jalan secara swadaya tersebut meliputi warga Desa Sukaraharja dan Desa Sukamaju Kecamatan Cibeber.

Perbaikan akses Jalan Kabupten tersebut dinilai warga pemerintah Kabupaten Cianjur belum pernah melakukan perbaikan jalan.

Perbaikan Jalan tersebut dilakukan dengan cara di cor atau betonisasi.
Arief Lukman Hakim salah satu warga Desa Sukaraharja mengatakan, biaya pengecoran jalan diperkirakan akan mencapai hingga Rp.1 Miliar.

"Kami sudah terlalu lama menanti diperbaiki oleh pemerintah namun tidak kunjung terealisasi," kata Arief.

Sementara itu di tempat yang sama, Tokoh masyarakat Desa Sukamaju Saefuloh menjelaskan, pengecoran jalan murni keinginan dan inisiatif warga di kedua desa.

"Ini dari warga untuk warga, warga berinisiafit bangun jalan yang mulai dikerjakan hari ini, ini dari rasa kepedulian warga dan rasa memiliki tidak ada kepentingan apapun," ungkapnya.

Hal itupun dibenarkan oleh Kepala Desa Sukamaju Hendri,

" Ya ini memang betul murni inisiatif warga yang diinisiasi oleh salah seorang tokoh masyarakat desa sukamaju, tidak ada kepentingan politik dan sebagainya," tegas Hendri.

"Kami pemerintah desa sukamaju telah menyampaikan keinginan warga untuk membangun jalan kabupaten ini kepada pak camat, dan harapan kami sudah disampaikan juga ke pak bupati," kata Hendri.

"Sebetulnya Pemkab Cianjur telah membangun jalan lintas penghubung dua Kecamatan yakni Cibeber dan Cilaku ini, namun hanya baru sekitar 700 meter, sisanya 2000 meter yang sekarang sedang dikerjakan oleh warga masyarakat desa sukamaju dan desa sukaraharja," ungkapnya.

Bahkan untuk di wilayah Desa Sukamaju terdapat sejumlah galian pasir, sehingga bahan material untuk pengecoran jalan cukup melimpah. Selain itu, pengecoran jalan  juga didukung oleh warga dari sejumlah Desa lainnya yang tergabung dalam sebuah komunitas.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut