Bupati Cianjur Rancang Perbup Larangan Tawuran dan Bullying di Lingkungan Sekolah

Ayi Sopiandi
Bupati Cianjur H Herman Suherman (tengah) Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Bupati Cianjur H Herman Suherman, akan menerbitkan peraturan bupati (Perbup) tentang larangan bullying dan tawuran bagi anak sekolah.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian khusus, atas sering terjadinya aksi tawuran dan juga bullying di kalangan sekolah.

"Mudah-mudahan dengan cara itu di Kabupaten Cianjur sedikit demi sedikit bisa terelakkan, khususnya dulu waktu di SMP kami sudah melakukan itu, alhamdulillah SMP sekarang sudah reda, sekarang muncul SLTA,” katanya di Pendopo Cianjur, Kamis (5/10/2023) kemarin.

Menurut Herman, terlebih dahulu akan dimusyawarahkan berkaitan dengan sanksi, apakah diberhentikan atau diturunkan kelasnya.
 
"Kita musyawarah nanti soal sanksi, bisa saja ada sanksi apakah diberhentikan atau misalkan diturunkan kelasnya dan sebagainya sesuai dengan derajat kelakuan yang bersangkutan," katanya.

Terkait dengan viralnya aksi duel adu jotos antarpelajar SMK dan SMA di media sosial di Lapang Batok, Desa Sukakerta, Kecamatan Cilaku. Herman mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI (KCD VI) Provinsi Jawa Barat.

"Karena kan yang namanya SLTA itu kewenangan provinsi, walaupun keberadaan di Cianjur. Saya sudah komunikasi dan dalam waktu dekat ini kita akan mengadakan sosialisasi pada anak didik, kepada orangtuanya," jelasnya.

Menurutnya, sosialisasi tidak bisa hanya kepada anak didik saja, namun juga harus orangtuanya sehingga ada kolaborasi antara anak didik dengan orangtua.

"Disamping sosialisasi, untuk di Cianjur saya akan membuatkan perbup yang melarang bullying, tawuran dan sebagainya untuk anak sekolah," jelasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network