Keren, Gunung Pabeasan Naringgul Cianjur selatan Banyak Dijumpai Hewan Langka Seperti Owa Jawa

Gusti Wilantara
Owa Jawa terlihat menggelantung di pohon besar di Gunung Pabeasan Naringgul Cianjur selatan (Foto : iNewsCianjur.id/ist.)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Satwa langka Owa Jawa (Hylobates Moloch) hewan primata yang dilindungi dan hampir punah tersebut kembali nampak bergantungan di atas pohon Gunung Pabeasan Malati Naringgul, Cianjur Selatan.

Kemunculan owa jawa (Hylobates moloch), adapula hewan langka lainnya, Lutung (Trachypithecus Auratus) dan Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi) yang muncul di seputaran kawasan wisata Gunung Pabeasan Malati.

Salah seorang warga dilokasi wisata Lien Azhari (25) mengatakan, sekelompok owa jawa biasanya menampakan dirinya saat menjelang sore dan pagi hari.

"Jumlahnya ada 10 ekor bersama anak anaknya. Dari jumlah 10 ekor tersebut, dua kelompok diantaranya bergantungan di batang pohon Kiara cari makan," ujarnya, Sabtu, (4/3/2023).

Dikatakan Lien, munculnya owa Jawa semoga dapat dilestarikan dan dijaga oleh pemerintah, sehingga menjadi salah satu ikon wisata alam yang ada di Gunung Pabeasan.

"Kita berharap keberadaan hewan yang langka ini dapat dilestarikan dan dijaga keberadaanya," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengurus wisata alam Gunung Pabeasan, Abah Cici (51) menjelaskan, selain dari beberapa hewan primata tersebut, adapula burung Elang Jawa dan Teringgiling. 

"Kami bersama pengurus wisata lainya yang ada di wilayah ini, akan memasang sepanduk pemberitahuan agar tidak melakukan perburuan di lokasi tersebut," jelasnya. 

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network