Di 2 Propinsi Ini Jumlah Penduduk Beragama Hindu Sangat Minoritas, Jumlahnya Tak Sampai 100 Jiwa

Nursidik
Umat beragama Hindu di Indonesia / Ig Filsafat Hindu

PEMALANG, iNewsCianjur.id - Di Indonesia terdapat beragam keyakinan atau agama yang diakui pemerintah. Salah satunya adalah agama Hindu yang merupakan salah satu agama minoritas di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jumah penduduk beragama Hindu di Indonesia sebanyak 4,67 juta jiwa hingga 31 Desember 2021.

Dari jumlah tersebut, hampir 80 persen-nya tinggal dan menetap di propinsi Bali, yakni sejumlah 3,71 juta penduduk.

Setelah Bali, propinsi Kalimantan Tengah menjadi daerah dengan jumlah penduduk beragama Hindu terbesar nomor dua, dengan jumlah 151.445 jiwa.

Sedangkan urutan ketiga adalah propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 130.966 jiwa, dan urutan keempat yakni propinsi Lampung dengan jumlah penduduk beragama Hindu sebanyak 125.100 jiwa.

Lalu daerah manakah di Indonesia yang jumlah penduduk beragama Hindu-nya paling sedikit ?

Ternyata ada dua wilayah di Indonesia yang jumlah penduduk beragama Hindu paling sedikit, jumlahnya bahkan tak hanya mencapai 100 jiwa.

Dua wilayah tersebut yakni propinsi Aceh dan Sumatera Barat. Di dua propinsi yang mayoritas beragama Islam ini, jumlah penduduk beragama Hindu hanya sejumlah 95 jiwa.

Walau menjadi minoritas, umat Hindu di Indonesia tetap bisa selaras dengan umat beragam lain, dan terus menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

 

Editor : Nursidik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network