BPBD Cianjur: Evakuasi Ditutup Sementara, Amblas Jalan Provinsi di Tanggeung

Mamat Mulyadi
Selama evakuasi akibat longsor dan pergerakan tanah di Jalan Pagelaran -Tanggeung, Desa Bojongpetir, Kabupaten Cianjur hingga amblas, sementara jalur ditutup. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id- Selama evakuasi akibat longsor dan pergerakan tanah di Jalan Pagelaran -Tanggeung, Desa Bojongpetir, Kabupaten Cianjur hingga amblas, sementara jalur ditutup, Sabtu (18/6/2022).

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur melalui Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengakibatkan sebagian badan jalan terbawa longsor.

"Sehingga kendaraan dengan ukuran lebar, dan bermuatan berat tidak bisa melintas," katanya, kepada awak media, Sabtu (18/6/2022), sore.

Sebagai langkah penanggulangan, ia mengungkapkan, dari pihak PU Bina Marga Provinsi Jabar, akan berkoordinasi dengan kehutanan.

"Kini akan melaksanakan pengikisan tebing sepanjang 75 meter," ujar Rudi.

Masih ujarnya, bahkan alat berat eskavator sudah siap di lokasi untuk pelebaran jalan. Pasalnya melihat kondisi badan jalan yang terbawa longsoran masih ada pergerakan dan khawatir ada susulan.

"Selama pengerjaan pengikisan tebing jalur akan ditutup sementara," bilang Sekretaris BPBD Cianjur, saat dikonfirmasi langsung melalui via WhatsApp (WA), sore.

Hal sama masih sambungnya, telah koordinasi baik secara tertulis maupun lisan kepada pak Bupati Cianjur. Artinya, koordinasi penanganan? Kemudian, cancel informasi sama UPTD PUTR wilayah jalan provinsi sudah tersambung.

"Bahkan sudah izin ke pak Kepala Pelaksanaan (Kalak) BPBD Provinsi Jawa Barat melaporkan, lokasi di wilayah Cianjur Selatan.

"Sesuai informasi IG kang," terang Sekban Sekretaris BPBD Cianjur.

Ia menambahkan, BPBD Cianjur telah berupaya koordinasi secepatnya dan segera melakukan langkah antisipasi untuk pencegahan dari kemungkinan rawan jalan untuk dilalui kendaraan.

"Saat ini terus berkoordinasi dan sudah jemput bola," tandas Rudi. 

Editor : Nursidik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network