get app
inews
Aa Read Next : Sujud Syukur Relawan Komando Gibran Sambut Kemenangan Prabowo-Gibran Hasil Quickcount

Siap Tanpa Pamrih, Puluhan Pemuda Jadi Relawan Damkar Cianjur

Sabtu, 04 Juni 2022 | 12:20 WIB
header img
Salah seorang warga di Mande turut menjadi anggota relawan pemadam kebakaran (Damkar) tingkat kecamatan. (Foto: Andri Sutisna/iNewsCinjur.id)

CIANJUR, iNews.id - Sebagian orang mungkin tidak mengetahui adanya relawan kebakaran dari warga sipil biasa.

Namun ternyata, rasa memiliki jiwa sosial tinggi menjadi salah satu faktor penting seseorang rela mengabdikan dirinya bagi kepentingan umum.

Salah satu relawan yang ikhlas membantu Damkar bernama Asep Dian. Ia mengaku bahwa keinginannya menjadi relawan tidaklah hanya melihat dari segi materi, melainkan perlu kerja keras dengan ketulusan sepenuh hati.

"Jadi kami sebagai relawan Damkar hanya membantu tim pemadam saat bertugas memadamkan api yang terbilang ringan, karena sudah mendapatkan pelatihan serta langkah pertama," kata dia.

"Kalaupun misalnya terjadi kebakaran, kami menghubungi pihak Damkar dan memberikan rute titik peristiwa tersebut," sambung Asep saat ditemui langsung di Aula Desa Bobojong, Kecantan Mande, Kabupaten Cianjur.

Disinggung soal keluhan dan kendala menjadi relawan, dirinya menegaskan bahwa sejauh ini belum ia temukan. Karena setiap yang ia lakukan bersama rekan lain di lapangan, dikerjakan dengan hati dan niat bermanfaat untuk sesama.

" Untuk sementara ini tugas kami hanya memberikan informasi, bila ada peristiwa kebakaran, penemuan ular serta kejadian lainnya di masyarakat," ujarnya.

Selama menjadi relawan, Asep mengungkapkan bahwa hingga saat ini dirinya belum menemukan kejadian fatal dan jangan sampai terjadi hal-hal serius di lapangan.

"Kami menjalankan tugas ini benar benar mengedepankan sosial, senang bersosial jadi jalani saja," ucapnya.

Dari relawan yang ada, ia menyebut bahwa ke 30 peserta dalam relawan dua kecamatan itu sudah mendapatkan pengenalan dasar bilamana ditemukan musibah kebakaran.

"Saya berharap Mande dan Cikalong kulon tetap aman-aman saja tidak terjadi peristiwa yang tak diinginkan," tutupnya.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut