get app
inews
Aa Read Next : PDIP Cianjur Rayakan HUT ke 51 Potong Tumpeng dan Berbagi dengan Rakyat

Anies Baswedan Gagal Maju di Pilkada Jabar, Ono Surono: Ada yang Menjegal

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 11:28 WIB
header img
Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Anies Baswedan gagal maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024 karena tidak mendapatkan partai pengusung.

Batalnya Anies Baswedan maju Pilkades Jabar 2024, setelah sebelumnya santer dikabarkan akan diusung PDIP, berpasangan dengan Ono Surono.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surnono mengatakan, gagalnya pengusungan Anies Baswedan di Pilgub Jabar 2024 menilai ada upaya yang mengganggu dan menjegal pengusungan Anies di Pilgub Jabar 2024.

"Kami menghadapi tantangan yang besar, tangan-tangan yang tidak menyetujui Pak Anies diusung PDIP," kata Ono di Jakarta , saat menggelar konferensi pers di kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Juma 30 Agustus 2024.

Ono menjelaskan, pihak yang menjegal Anies untuk maju di Pilgub Jabar memiliki kekuatan politik yang cukup kuat di Indonesia. Dia pun menyebut nama Mulyono yang kata dia, menjadi biang kerok gagalnya PDIP mengusung Anies Baswedan.

"Kekuatan yang sangat besar ini yang pada akhirnya membuat Pak Anies tidak jadi diusung. Mulyono dan geng," tutur Ono, dikutip dari JPNN Jabar.

Ono menyebutkan jika hal serupa juga terjadi di Pilgub Jakarta. PDIP akhirnya tidak jadi mengusung Anies karena upaya kuat Mulyono.

"Tidak bisa secara spesifik saya tafsirkan (penjegalan Anies), tetapi kan itu sudah terjadi di Jakarta. Dan ini terjadi juga di Jawa Barat. Upaya kami memang menginginkan Pak Anies di Jabar," ujarnya.

Juru Bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid, mengungkapkan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sudah memutuskan untuk tidak maju di Pilkada Jabar 2024.

Sahrin menyampaikan salah satu pertimbangan Anies tidak maju adalah tidak ada permintaan khusus dari masyarakat Jabar maupun aspirasi partai politik untuk mengusung calon presiden di Pilpres 2024 tersebut selama ini, berbeda dengan Pilkada Jakarta.

"Untuk itu Anies menyampaikan terima kasih, tentunya apresiasi, kepada partai yang meminta Anies untuk maju di Jawa Barat, dengan berbagai macam pertimbangan tentunya Anies telah menyatakan tidak maju di Jawa Barat,” kata Sahrin di Jakarta, Kamis (29/8) malam.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut