get app
inews
Aa Read Next : Jelang Ops Mantap Praja Lodaya 2024, Polsek Sindangbarang Gelar Cooling System

Pilkada 2024 Jujur dan Adil, Bawaslu Cianjur Selenggarakan Forum Warga Pengawasan Partisipatif

Kamis, 15 Agustus 2024 | 15:10 WIB
header img
Jajaran Bawaslu bersama KPU Kabupaten Cianjur saat perilisan Forum Warga Pengawasan Partisipatif di situs megalitikum Gunung Gede, Kecamatan Campaka beberapa waktu lalu.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Guna meningkatkan pengawasan partisipatif pada Pilkada 2024, Bawaslu Kabupaten Cianjur dan Panwaslu se-Kabupaten Cianjur menyelenggarakan kegiatan Forum Warga Pengawasan Partisipatif.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Asep Tandang Suparman mengungkapkan, Forum Warga Pengawasan Partisipatif adalah suatu kegiatan yang merupakan forum masyarakat berbasis kelompok pemerhati pengawasan Pemilu.

"Forum Warga Pengawasan Partisipatif ini diselengarakan untuk mendekatkan individu dan kelompok masyarakat tertentu terhadap pengawasan dalam penyelenggaraan pemilihan dan persoalan kepemiluan. Juga menumbuhkan kesadaran partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serta pelaporan dugaan pelanggaran dan tindak pidana pemilu," ungkapnya dalam rilis resmi pada Kamis, 15 Agustus 2024.


Launching Forum Warga Pengawasan Partisipatif di Kecamatan Tanggeung beberapa waktu lalu.

Sejumlah poin penting yang menjadi bahan diskusi dalam Forum Warga yang dilaksanakan, diantaranya soal pentingnya pengawasan tahapan pemilihan sebagai ruang partisipasi masyarakat untuk mengawal penyelenggaraan pemilihan. 

"Lalu, pentingnya memperhatikan pencegahan pelanggaran pemilihan, dan terakhir soal tata cara pelaporan dugaan pelanggaran pemilihan," jelasnya.

Selanjutnya, sasaran Forum Warga Pengawasan Partisipatif ialah pemilih pemula, pemilih penyandang disabilitas, pemilih lanjut usia, pemilih perempuan, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, lembaga pendidikan formal, kelompok adat, dan komunitas hobi. 

"Semua unsur itu membangun sinergisitas serta komitmen bersama Bawaslu untuk ikut berpartisipasi melalui Forum Warga Pengawasan Partisipatif," kata dia.

Dengan adanya Forum Warga Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kabupaten Cianjur berharap masyarakat yang tergabung dalam komunitas di forum warga, dapat lebih memahami proses pengawasan dalam tahapan pemilihan. 

"Lebih dari itu, masyarakat bisa lebih terlibat aktif dalam pengawasan seluruh tahapannya, sehingga Bawaslu dan masyarakat dapat bersama-sama memastikan Pilkada 2024 di Kabupaten Cianjur berjalan secara demokratis, jujur dan adil," tandasnya 

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut