get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pagelaran Tambah Poli Rehab Medik

RSUD Sindangbarang Mangkrak Bertahun-tahun, Dinkes: Menunggu Perizinan Rampung

Rabu, 26 Juni 2024 | 18:02 WIB
header img
RSUD Sindangbarang, Kabupaten Cianjur yang mangkrak selama beberapa tahun. (Ist)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur akan mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sindangbarang Kabupaten Cianjur yang sempat mangkrak beberapa tahun kebelakang.

Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal mengungkapkan pihaknya masih mengurus proses perizinan pengoperasian. Setelah rampung, maka rumah sakit yang berada di wilayah selatan Kabupaten Cianjur tersebut sudah bisa difungsikan.

"Insya Allah RSUD Sindangbarang akan segera dioperasikan, kami tinggal menunggu proses perizinannya saja, kalau tidak ada halangan akhir bulan Juli diresmikan," ujar Yusman saat ditemui di Pendopo Kabupaten Cianjur pada Rabu, 26 Juni 2024.

Yusman mengungkapkan, berbagai dokumen yang diperlukan pada proses perizinan RSUD Sindangbarang sudah lengkap. Meskipun pembangunan secara keseluruh RSUD Sindangbarang memang belum rampung. Namun sesuai target awal, beberapa ruang pelayanan sudah selesai 100 persen.

"Yang sudah siap mau difungsikan, itu ada Poliklinik, IGD, serta ruang perawatan sudah 100 persen. Kalau yang lain-lainnya seperti laboratorium, ruang sterilisasi, ruang operasi, dan lainnya masih berproses," tuturnya.

Pihaknya juga akan segera melakukan perekrutan sumber daya manusia (SDM). Saat ini, masih menunggu surat persetujuan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Cianjur. 

"Iya kita sudah merencanakan rekrutmen SDM untuk mengisi pegawai RSUD Sindangbarang. Secara teknis, proses seleksinya yang meliputi ujian tertulis dan wawancara paling lama membutuhkan waktu dua hari. Proses yang lamanya itu hanya pada seleksi administrasi bisa lebih dari seminggu," pungkasnya.

Berdasarkan informasi, pembangunan RSUD Sindangbarang menelan biaya hampir Rp30 miliar. Namun pengoperasiannya sempat mangkrak karena berbagai hal. Padahal RSUD Sindangbarang yang terletak dipesisir pantai selatan itu sangat didambakan warga.

Karena dengan beroperasinya RSUD Sindangbarang dapat memudahkan warga terutama di wilayah selatan untuk mendapat pelayanan kesehatan, sehingga tidak perlu jauh ke Pagelaran atau ke pusat kota Cianjur untuk berobat.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut