get app
inews
Aa Read Next : Dandim Cianjur Serahkan 7 Ekor Hewan pada Idul Adha 1445 H

Gunakan Alat Perebah Kurban, Memotong Sapi Hanya Butuh Waktu 10 Menit

Senin, 17 Juni 2024 | 20:44 WIB
header img
Panitia Kurban Masjid Al Muhajirin BTN Griya Joglo kini tidak susah payah lagi untuk memotong hewan kurban karena sudah memiliki APK.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Tiga pria memegang seekor sapi dan menggiringnya ke halaman Masjid Jami Al Muhajirin di Kompleks BTN Griya Joglo, Kelurahan Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur pada momen Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Sesampainya di halaman masjid, sapi langsung dimasukkan ke dalam sebuah Alat Perebah Kurban (APK) yang terbuat dari besi.

Dengan sigap beberapa petugas memasangkan sabuk di bagian badan dan kaki sapi lalu mengikatnya ke alat tersebut.

Setelah dirasa aman, engsel alat tersebut dibuka dan dengan perlahan sapi direbahkan, disembelih, lalu kemudian digeser menggunakan rel ke pemotongan. Semua proses tersebut terbilang cepat. Berbeda dengan proses pemotongan hewan kurban pada umumnya yang membutuhkan waktu lama. Apalagi ketika hewan kurban mengamuk.

"Sebelum ada APK ini, waktu yang dibutuhkan untuk menyembelih lebih dari sekitar 30 menit,” ujar ketua panitia kurban Masjid Al Muhajirin, Septia Priatna kepada awak media usai menyembelih sapi kurban pada Senin, 17 Juni 2024. 

Selain masalah waktu, sebelum ada alat tersebut, butuh banyak petugas untuk mengikat dan merebahkan sapi. Ada kalanya tenaga para petugas kalah dan sapi pun kabur. 

"Dulu untuk memotong satu ekor sapi aja dibutuhkan 5 hingga 6 orang petugas. Apalagi kalau sapinya besar dan ngamuk bisa sampai 10 orang untuk merebahkan sapinya," ujar Septia.

Septia menjelaskan, ide menggunakan APK ini berawal pada 4 tahun lalu memotong sapi kurban itu memerlukan waktu lama apalagi kalau yang dipotongnya banyak ditambah petugas juga harus banyak. Kemudian kami browsing di google dan menemukan APK.

"Setelah kami menemukan APK dan Covok kemudian kamia musyawarah dengan warga langsung membeli APK nya. Pengurus DKM kemudian memodifikasinya kembali untuk menyesuaikan dengan tempat yang akan dijadikan pemotongan," ungkap Septia.

Dengan alat bantu ini, sapi diam dan lebih tenang. Proses penyembelihan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit yang sebelumnya 30 menit untuk satu ekor sapi. Untuk tahun ini Masjid Al Muhajirin akan memotong 9 ekor sapi dan 3 ekor domba kurban.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut