Logo Network
Network

Satlantas Polres Cianjur; Pemudik Diimbau Tak Gunakan Jalur Puncak II

Dani Jatnika
.
Senin, 01 April 2024 | 17:12 WIB
Satlantas Polres Cianjur; Pemudik Diimbau Tak Gunakan Jalur Puncak II
Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Anjar Maulana, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id -  Ruas jalan Puncak II yang berada di wilayah hukum Polres Cianjur,  ternyata belum layak digunakan sebagai jalan alternatif saat arus mudik maupun balik Idul Fitri 1445 Hijriah bila terjadi kemacetan dikawasan Puncak dan Bogor 

Ada berbagai pertimbangan yang mendasar tidak direkomendasikannya jalur tersebut dilintasi kendaraan, terutama roda empat.

Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur Ajun Komisaris Anjar Maulana yang sudah mengecek lokasi jalur Puncak II. Hasilnya tidak direkomendasikan untuk dijadikan jalan alternatif karena tidak layak dilintasi mobil.

"Untuk jalur Puncak II, menurut penilaian kami itu tidak layak dijadikan alternatif mobil karena badan jalan sempit. Apabila berpapasan dua kendaraan dari arah berlawanan, salah satunya harus berhenti. Tapi kalau untuk sepeda motor bisa saja," ungkap Anjar, kepada awak media, Senin (1/4/2024).

Selain itu menurut Anjar, soal sarana dan prasarana lalu lintas berupa rambu atau marka, masih minim. Bila malam hari tidak ada lampu penerangan jalan, lampu penerangan jalan yang selama ini ada terbantu dari permukiman warga.

"Jalur Puncak II itu ada yang masuk wilayah Kabupaten Cianjur, ada juga yang masuk ke Kabupaten Bogor. Yang di Bogor itu di luar kewenangan kami. Tapi kalau yang masuk ke Cianjur, dari prasarana jalan umumnya masih sangat minim," katanya.

Untuk itu pihaknya menghimbau, bagi pemudik yang dari Jakarta ke Cianjur maupun sebaliknya, menyarankan menggunakan jalur alternatif lain. Di antaranya jalur Jonggol maupun Sukabumi yang cukup layak dilintasi kendaraan roda empat atau mobil.

"Tapi lebih baik lagi bisa menggunakan jalur alternatif ke Sukabumi karena nanti di sana sudah terhubung ke Jalan Tol Bocimi," tutur Anjar.

Satlantas Polres Cianjur sudah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memastikan ruas jalan kondisinya layak dilintasi para pemudik. Informasi dari BPJN, pekan ini kondisi ruas-ruas jalan nasional yang rusak dipastikan sudah selesai diperbaiki. 

"Silahkan pemudik melalui jalan nasional, mudah-mudahan bisa segera selesai dikerjakan," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini