get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Pemkab Cianjur Dorong Desa Gunakan Anggaran 20 persen DD Untuk Ketahanan Pangan

Senin, 25 Maret 2024 | 09:57 WIB
header img
Foto, dokumen iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sebagai upaya ketahanan pangan di tingkat pemerintah desa, Pemkab Cianjur dorong anggaran Dana Desa (DD) sebesar 20 persennya.

Pemerintah desa dirasa sangat perlu untuk menganggarkan cadangan pangan pemerintah desa (CPP  Desa), beras dalam anggaran pendapatan dan belanja desa (APBdes).

Terlebih Bupati Cianjur, Herman Suherman sejak Tahun 2022 sudah menerbitkan surat edaran tentang lumbung pangan masyarakat. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Iwan Setiawan melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Dendi Rinaldi, mengatakan, alokasi 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan memasuki tahun ketiga sejak Tahun 2022. 

"Sampai saat ini ketahanan pangannya tidak hanya bicara menanggulangi potensi masalah, tetapi juga mengelola potensi di desanya," katanya.

Secara spesifik Dendi menjelaskan, pemerintah desa lebih melihat potensi secara ekonomi desanya. Misalnya Tahun 2022 di awal program ketahanan pangan, banyak desa yang memilih untuk membiayai budidaya peternakan domba, sapi dan sebagainya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut