get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

10 Manfaat Buah Leunca untuk Kesehatan, Selain Kesuburan Juga Baik untuk Jantung

Jum'at, 02 Februari 2024 | 19:09 WIB
header img
Buah atau lalapan leunca, banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Leunca, atau Solanum Nigrum L., adalah tanaman yang sering diolah sebagai lalapan atau sayur. Buah leunca kecil berwarna hitam dan memiliki rasa pahit khas. Di balik rasa pahitnya, leunca menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Leunca kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit dan pembuluh darah.

2. Mencegah Kanker

Leunca mengandung senyawa seperti solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine yang dapat membantu mencegah kanker. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Leunca kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga kesehatan usus dan prebiotik untuk bakteri baik di usus.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Leunca mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga fungsi retina dan mencegah rabun senja.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Leunca mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Leunca mengandung kalium yang membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah stroke.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Leunca mengandung vitamin C dan E yang membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dan E membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

8. Mengatasi Anemia

Leunca mengandung zat besi yang membantu mengatasi anemia. Zat besi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

9. Meningkatkan Kesuburan

Leunca mengandung vitamin B6 yang membantu meningkatkan kesuburan. Vitamin B6 membantu mengatur hormon reproduksi.

10. Mengatasi Nyeri

Leunca memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi nyeri. Leunca dapat membantu mengatasi nyeri sendi, sakit kepala, dan nyeri haid.

Leunca dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti lalapan, sayur, sambal, dan urap. Leunca juga dapat diolah menjadi jus atau minuman kesehatan.

Perlu ada perhatikan, bahwa leunca tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi leunca jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Sumber (net)

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut