get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pagelaran Tambah Poli Rehab Medik

Ratusan Warga Terjerat Bank Emok, Desa Cikancana Beri Penyuluhan

Senin, 15 Januari 2024 | 13:29 WIB
header img
Ratusan warga Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi mengikuti penyuluhan atasi bank emok, Foto, Yayan. S, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Resah dengan banyaknya warga Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, yang terjerat pinjaman Bank Emok.

Pemerintah Desa (Pemdes) setempat menggelar penyuluhan dan mencari solusi. Penyuluhan diikuti sekitar 300 warga desa tersebut pada Senin (15/1/2024).

Kepala Desa (Kades) Cikancana, Nanang, mengatakan, penyuluhan tersebut digelar atas dasar pengaduan warga yang meminta bantuan untuk mencari solusi.

"Pihak desa pun menjadi dilema. Mau ditolong bingung, enggak ditolong juga bingung. Apalagi ada informasi bahwa masyarakat meminjam uang ke Bank Emok satu orang sampai 10 nama," kata Nanang.

Lebih parah lagi, tambah Nanang, ada dua kepala keluarga (KK) yang rumahnya digadaikan akibat tidak mampu membayar pinjaman Bank Emok.

"Alhamdulillah Allah SWT telah mempertemukan kami dengan orang yang siap memberikan solusi, yaitu dari perusahaan PT. Dinamar Jakarta," cetusnya.

Nanang mengatakan, menurut Bunda Ratu dari Perwakilan PT. Dinamar, pihaknya bermaksud meringankan beban pinjaman warga masyarakat dengan sistem menabung.

"Misalnya, banyaknya pinjaman terhadap PT. Dinamar, 2,5% dari satu juta pertahunnya Rp25 ribu dan bisa dicicil secara bertahap. Dengan catatan penabung aktif," jelasnya.

Untuk itu, pihak desa lebih awal melakukan penyuluhan selain memberi solusi.

"Bunda Ratu dari PT. Dinamar mengatakan, warga yang terkait dengan Bank Emok akan diselesaikan. Soal bunganya diselesaikan dengan polisi," kata Nanang.

Nanang berharap, langkah-langkah tersebut dapat membantu warga yang terjerat Bank Emok.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut