get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Diguyur Hujan, 5 Rumah di Cibinong Cianjur Tertimbun Longsor

Rabu, 15 November 2023 | 18:07 WIB
header img
Salah satu rumah warga yang tertimpa longsoran di Cibinong Cianjur selatan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Akibat dihuyur hujan lebat semalaman tebing setinggi 5 meter di Kampung Simpang, Desa Padaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur longsor menimpa 5 rumah hingga risak berat, Rabu (15/11/2023).

Selain itu, tiga rumah yang tidak jauh dari lokasi kejadian terancam berpotensi longsor, pasalnya berada di sekitar tebing yang sama. 

Peristiwa longsor tersebut diakibatkan hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Cikadu dan sekitarnya sejak kemarin sore.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Asep Sukmanawijaya menyebutkan, saat ini masyarakat yang terdampak telah dievakuasi mengingat potensi membahayakan bagi keselamatan jiwa mereka. Tercatat dari 8 rumah yang terdampak longsor itu dihuni 5 Kepala Keluarga dari 15 jiwa. 

"Total rumah yang terdampak ada delapan, saat ini diungsikan ke gedung sekolah di sekitar wilayah Desa Paduluyu," ujar Asep saat dikonfirmasi iNwesCianjur.id lewat telepon, Rabu (15/11/2023).

Peristiwa longsor tersebut merupakan dampak dari hujan deras dimana tanah di sekitaran tebing tidak mampu menahan air. 

"Tebing tanah yang longsor tersebut diduga karena hujan deras mengguyur sejak dari semalam dikawasan itu," kata Asep

Atas kejadian itu, BPBD Cianjur mengimbau agar masyarakat waspada dan segera melapor untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Intinya BPBD menghimbau ke masyarakat agar senantiasa waspada dan bila terjadi hujan badai agai cepat mengungsi ke tempat aman karena sekarang sering terjadi cuaca ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut