get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Selain ke Garut dan Sukabumi, Sapu Ijuk Buatan Cianjur Juga Beredar di Pasar Besar di Luar Kota

Sabtu, 11 November 2023 | 20:59 WIB
header img
Sapu ijuk hasil kerajinan tangan rumahan asal Desa Jayagiri Cianjur selatan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Indonesia kaya akan kerajinan tangan berkualitas. Kualitas produk buatan perajin sapu ijuk di lDesa Jayagiri Sindangbarang Cianjur tidak kalah dengan produk pengrajin lainnya.

Kerajinan itu diyakini dapat menunjang perekonomian lokal di Desa Jayagiri, karena pemasarannya tidak hanya berkutat di dalam wilayah desa Jayagiri saja.

“Kita pasarkan hingga ke Kabupaten Garut, Cianjur serta Sukabumi. Selebihnya kita jual secara keliling,” ungkap pengrajin sapu ijuk, Ahmad Jamaludin, Sabtu (11/11/2023).

Ahmad mengatakan, memproduksi sapu ijuk bersama dengan pegawainya, mampu memproduksi hingga 1.000 sapu ijuk. Namun jumlah itu tergantung pesanan dari langganannya.

"Soal kualitas sapu ijuk ini bisa bersaing dengan sapu ijuk yang berasal dari daerah lain. Sapu ijuk kita jual dengan harga Rp 8.000 untuk satu sapu ijuk," ujarnya.

Dia menambahkan, teknis pengolahan sapu ijuk tidak sesulit yang dibayangkan. Ijuk yang telah diperoleh disortir, kemudian dipotong sesuai kebutuhan lalu masuk ke teknis penyisiran untuk merapihkan ijuk.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut