get app
inews
Aa Read Next : Dua Bus Disiapkan Polres Cianjur, Warga Nikmati Perjalanan Mudik Gratis

Warga di Sindangbarang Kesulitan Air Bersih Manfaatkan Sumur Tampian

Senin, 21 Agustus 2023 | 18:41 WIB
header img
Dilanda kemarau, warga tengah memanfaatkan serapan air tampilan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sebagian warga desa di Kecamatan Sindangbarang Cianjur, memanfaatkan air sumur tampian untuk keperluan mandi dan mencuci pakaian, akibat sumur yang ada di rumah mereka kering akibat musim kemarau.

"Musim kemarau membuat kita memanfaatkan air sumur tampian walau debit airnya kecil, " kata salah seorang warga Kp Kiaramenyan, Desa Sirnagalih Sindangbarang Cianjur, Ade (47), Senin (21/2023).

Dia mengatakan, air sumur tampian merupakan air resapan dari pohon yang ada disekitar batu, yang kemudian dibuatkan sebuah wadah untuk menampung debit air.

" Sumur kami ada. Tapi airnya sudah susut. Ketika ditarik dengan pompa atau ditimba, air keruh dan cepat kering," ujarnya.

Kondisi serupa diungkapkan salah seorang warga lainnya, Adul (39). Kata dia, sejak musim kemarau ini, dirinya memanfaatkan air sumur tampian sebagai kebutuhan hari - hari. Dikampung ini banyak sumur warga yang mengering atau airnya susut, tapi belum semuanya.

" Bagi warga yang air sumurnya masih bagus, ya tetap memanfaatkan air sumur untuk kebutuhan hari-hari, untuk masak, nyuci dan mandi, tapi bagi kami yang sumurnya kering, sumur tampian yang kami manfaatkan airnya," jelasnya.

Pemandangan di lapangan menunjukkan, sumur tampian, sebuah sumur yang dibuat dalam bentuk persegi panjang untuk menampung debit air. Dengan panjang 2 meter, sumur ini yang menjadi andalan warga sekitar ketika musim kemarau datang.

Warga mengharapkan, agar musim kemarau tidak terlalu lama, agar air sumur tidak surut dan airnya kembali banyak.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut