get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Mengatasnamakan GMCU, Ratusan Warga di Pacet Tolak Mega Proyek Geothermal

Minggu, 03 Maret 2024 | 14:36 WIB
header img
Warga yang tergabung dI GMCU tolak proyek geothermal di Gunung Gede Pangrango, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Ratusan warga yang tergabung dalam wadah Aliansi Gerakan Masyarakat Cianjur Utara (GMCU) deklarasikan pernyataan sikap menolak keras rencana proyek Geothermal.

Aksi mereka dilakukan dengan jalan kaki sembari mengacungkan poster, di Kampung Pasircina Desa Cipendawa Kecamatan Pacet, Minggu (3/2/2024) siang.

Salah seorang tokoh masyarakat Pasircina, Hadi Susanto menyebutkan Geothermal ini proyek yang mengada-ngada. 

"Disini daerah pertanian,  seharusnya pertanian di baguskan bukan masalah panas bumi. Kalau pemerintah mengharapkan devisa negara, taninya dibaguskan, pupuk saja mahal, tani tidak dibina adapun Gapoktan itu tidak jelas," cetus Hadi kepada wartawan di lokasi.

Kemudian, kata Hadi, soal penyerapan tenaga kerja geothermal dan tambang  hanya menyerap 5%, tapi kalau pertanian itu menyerap 40%.

"Nah masyarakat sini mau dijadiin apa makanya kami tolak, bagi kami Geothermal tidak bermanfaat dan pemerintah kalau mau membuat satu proyek harus melaksanakan transaksi etis bukan menakut-nakuti," katanya

Dikatakannya, aksi penolakan tidak sampai disini, ke depan akan menggelar aksi penolakan dengan massa yang lebih besar lagi.

Menurut Hadi bahwa proyek Geothermal ini belum memiliki Analisa Dampak Lingkungan (Amdal).

Sedangkan syarat proyek itu adalah  Amdal izin dari Pemerintah Daerah, kedua izin masyarakat di lingkungan  yang berdampak bukan masyarakat atau diwakili oleh tokoh masyarakat.

"Pernyataan sikap penolakan Geothermal tidak sampai disini, ke depan kami kembali beraksi dengan massa lebih besar lagi," katanya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut