get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Kuda Kosong Masih Jadi Magnet Warga Cianjur di Heleran Seni dan Budaya

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 20:07 WIB
header img
Helaran seni budaya kuda kosong di Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur akan menggelar Heleran Seni dan Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Cianjur Ke 346 dan HUT RI Ke 78.

Helaran Seni dan Budaya tersebut akan dilaksanakan hari Sabtu pada tanggal 19 Agustus 2023.

Helaran Seni dan Budaya peserta karnavalnya diikuti dari berbagai wilayah kecamatan, kelompok seni dan budaya yang tumbuh kembang di Cianjur.

"Jumlah pesertanya sebanyak 106 peserta karnaval," kata Sekretaris Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kabupaten Cianjur Gagan Rusganda kepada iNewsCianjur, Jum'at (18/8/ 2023).

Helaran Seni dan Budaya ini, rutin dilaksanakan setahun sekali setiap tanggal 19 Agustus. Sebagian warga masyarakat ada yang menyebutnya pawai 17 Agustusan, karena berbarengan dengan momen HUT RI. Namun banyak juga warga yang tidak tahu hari jadi Kabupaten Cianjur yang jatuh tanggal 12 Juli.

Biasanya dalam heleran tersebut yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya adalan Kuda Kosong (kuda tanpa penunggang). Mitosnya Kuda Kosong yang dihias tersebut merupakan tunggangan Raden Aria Wiratanu Datar (Eyang Suryakancana) leluhur Cianjur yang turun dari Gunung Gede dan selalu hadir menunggang Kuda yang sengaja dikosongkan tersebut.

Kuda Kosong atau kuda tanpa penunggang ini ketika ikut pawai kelihatan terengah-engah seolah berat ada penunggangnya padahal kecapaian keliling kota.

Namun kecapaian dan terengah-engahnya kuda kosong banyak warga yang menafsirkan lain dan ada yang percaya karena menanggung beban berat  ditunggangi Eyang Suryakancana.

Berikut rute Helaran Seni dan Budaya yang akan digelar tanggal 19 Agustus 2023 ini.

Star diawalu dari Lapang Prawatasari  Joglo - Jalan Pangeran Hidayatulaah ke bawah - Jalan Siliwangi - Jalan Adi Sucipta - Jalan Mangunsarkoro (jalan raya) - Jalan Suroso - Jalan Imun Sulaiman.

Di pintu barat Alun Alun depan panggung kehormatan kemudian para pesrta menampilkan atraksi dan peserta finish berakhir di Alun-alun Cianjur.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut