get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Ratusan Santri Gelar Upacara Bendera HUT RI ke 78 di Atas Bukit Sukanagara

Kamis, 17 Agustus 2023 | 21:03 WIB
header img
Pengibaran bendara merah putih di atas bukit Sukanagara Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sedikitnya 300 santri dari berbagai pondok pesantren dan yayasan pendidikan Islam menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di atas bukit di Desa Gunungsari, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur. 

Untuk mencapai bukit tersebut, ratusan santri harus rela berjalan melewati hutan pinus terlebih dulu. Meski begitu para santri tersebut cukup antisias dan bersemangat untuk mengikuti pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus

Uniknya para santri, petugas atau peserta upacara bendera menggenakan pakaian khas santri dengan bersarung dan kopiah.

Kapolsek Sukanagara, AKP Tio mengatakan meski peserta upacara harus melewati hutan serta naik bukit, para santri tersebut cukup antusias dan bersemangat untuk mengikuti pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus. 

"Kegiatan upacara bendera ini merupakan kegiatan yang kali kedua digelar oleh para santri. Upacara bendera yang digelar di atas bukit itu dapat dijadikan bukti bahwa para santri sangat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Tio saat dihubungi iNewsCianjur melalui sambungan telepon, Kamis (17/8/2023). 

Tio menambahkan, upacara bendera sebagai peringatan kemerdekaan RI untuk mengenang jasa pahlawan dan santri serta ulama yang berjuang mengusir penjajah. 

"Upacara yang dilakukan para santri ini semoga dapat menumbuhkan rasa cinta kepada NKRI, dan berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan disetiap tahunya," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut