get app
inews
Aa Read Next : KPU Cianjur Buka Pendaftaran Calon Perseorangan Bupati-Wakil Bupati 2024

Jelang Lebaran Harga Sembako di Cianjur Naik, Alhasil Disidak Bupati Herman

Senin, 26 Juni 2023 | 14:13 WIB
header img
Bupati Cianjur Herman Suherman saat melakukan sidak harga di pasar, Foto : iNewsCianjur.id/Dani Jatnika

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Seminggu menjelang hari raya Idul Adha, Bupati Cianjur, Herman Suherman, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional Induk, mengecek harga kebutuhan pokok, Senin (27/6/2023).

Herman mengungkapkan bahwa ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga karena demand atau permintaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pasokan atau supply.

Selain itu, Herman mengatakan bahwa beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga adalah seperti cabai tanjung, daging ayam dan telur. Harga cabai tanjung Rp 80 ribu, daging ayam Rp 45 ribu dan telur Rp 32 ribu. 

"Jadi harga cabai asalnya Rp 35 ribu jadi 80 ribu, daging ayam asalnya Rp 37 ribu sekarang jadi 42 hingga 45 ribu. Harga telur naik empat ribu," ujar Herman usai melakukan sidak di pasar induk.

Menurut Herman, kenaikan harga terjadi dikarenakan pasokan barang yang berkurang. "Walaupun saat ini di pasar belum terlalu ramai pembeli tapi kalau misalkan pasokan barangnya kurang sehingga harga menjadi naik," ungkapnya. 

Untuk mengantisipasi kenaikan harga komoditi yang mengalami kenaikan, Pemkab Cianjur bekerja sama dengan Peternak dan Petani akan mengadakan Pasar Murah dengam harga yang lebih terjangkau di lapang parkir Pemkab Cianjur pada hari Selasa (26/6/2023). 

"Besok kita adakan pasar murah khusus daging dan cabai juga kita adakan lansung di suplay dari Cianjur dari Cipanas dan Sukaresmi dalam rangka mengendalikan harga. Dengan adanya pasar murah diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut