get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Cegah Banjr dan Cemar Lingkungan DLH Cianjur Uji Coba Biopori

Rabu, 14 Juni 2023 | 19:59 WIB
header img
Uji coba biopori bersama Dinas Lingkungan Hidup Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dan Hari Jadi Kabupaten Cianjur yang ke-346, menjadi momentum Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur memasifkan pembuatan lubang biopori sebagai upaya melestarikan lingkungan hidup dan mencegah banjir.

Menurut Sekretaris DLH Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriatno menyebutkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day adalah momen yang menjadi pengingat bagi masyarakat agar selalu menjaga lingkungan, karena bumi tidak selamanya hijau. Bumi juga tidak selamanya mampu menampung polusi dan kerusakan akibat ulah manusia.

"Kami DLH juga punya program go green sebagai penghijauan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Hendaknya semua pihak juga turut menjaganya agar tetap kuat dan memberikan banyak manfaat untuk lingkungan," kata Sugeng.

DLH juga menghimbau kepada masyarakat atau stakeholder, perusahaan, sekolah-sekolah dan pemerintah desa atau kecamatan untuk melakukan pembuatan lubang biopori.

Pembuatan lubang biopori tersebut tidak hanya dilakukan di  tempat tanah yang terbuka saja tapi tanah yang sudah tertutup baik itu oleh beton atau aspal bisa dilakukan. Jadi pembuatan lubang biopori tersebut bisa dilakukan dimana saja.

"Jangan ada istilah susah dalam pembuatan lubang biopori  karena lubang biopiri tersebut ke dalamannya hanya 100 cm," terang Sugeng.

Setelah dibuatkan lubang biopori bisa juga dimasukan sampah organik sehingga menjadi pupuk kompos dan air bisa meresap ke dalam lubang dan menjadi penyubur tanaman di sekitar.

"Pada prinsipnya, dari kegiatan ini diharapkan dapat merangsang berbagai elemen masyarakat maupun pemerintahan dan stakeholder lain agar memasifkan kembali pembuatan lubang biopori. Upaya ini dilakukan untuk menjaga pelestarian lingkungan dan mencegah banjir," pungkas Sugeng.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut