get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Kebutuhan Sembako Jelang Lebaran Merangkak Naik, Bupati Cianjur Beli Ikan Asin Japuh

Selasa, 18 April 2023 | 12:29 WIB
header img
Bupati Cianjur Herman Suherman di sela-sela Kegiatan sambil belanja ikan asin (Foto : iNewsCianjur.id)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Bupati Cianjur, Herman Suherman monitoring harga kebutuhan pokok di Pasar Ramayana Cianjur, Selasa (18/4/2023). 

Dalam kegiatan sidak atau infeksi mendadak tersebut, didampingi Asisten Daerah (Asda) II Bidang Perekonomian, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, Komarudin dan Kabag Perekonomian, Cicih melakukan sidak ke pasar tradisional dan supermarket, memastikan harga kebutuhan pangan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami hanya menemukan beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan diantara Cabai Tanjung, Daging Sapi, dan Daging Ayam. Sementara yang lainnya naiknya masih wajar," ujar Herman kepada para wartawan usai sidak di Pasar Ramayana, Selasa (18/4/2023).

Herman menjelaskan, untuk ketersediaan stok pangan mulai dari beras, gula, terigu, minyak goreng hingga telur, masih aman di pasar tradisional yang ada di Cianjur, bahkan stok di tingkat agen dan distributor lebih dari cukup hingga lebaran.

Hanya cabai merah dan cabai rawit yang stoknya minim, sehingga harga menjadi tinggi karena minimnya stok ditingkat agen dan distributor akibat hasil panen petani tidak maksimal, sehingga berbagai upaya akan dilakukan.

"Untuk harga cabai rawit merangkak naik dari Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 60 hingga Rp 80 ribu per kilogram karena stok menipis. Hasil panen petani tidak maksimal karena cuaca ekstrem sejak beberapa bulan terakhir," katanya.

Tidak hanya cabai, daging Sapi dari Rp 130.000 per kilogram naik menjadi Rp 140.000 hingga Rp 150.000 dan daging Ayam dari Rp 34.000 naik menjadi Rp 36.000 hingga Rp 38.000. Sementara komoditi lainnya masih stabil. 

Namun ada hal yang menarik ketika Bupati sidak ke pasar disaat melambungnya harga daging Sapi dan daging Ayam, Bupati malah beli ikan asin Japuh.

"Iya saya lebih senang makan dengan ikan asin daripada makan daging. Ikan asin Japuh yang paling favorit," pungkas Herman.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut