get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Bagi yang Merasa Warga Cisel, Pemda Cianjur Berikan Mudik Gratis

Sabtu, 08 April 2023 | 14:55 WIB
header img
Bupati Cianjur Herman Suherman (Foto : iNewsCianjur.id/ist.)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pemerintah Kabupaten Cianjur, akan menyelenggarakan program mudik gratis bagi warga Cianjur yang akan mudik ke wilayah Cianjur Selatan. Mudik gratis ini akan di mulai H-2 atau tanggal 19 dan 20 April 2023 menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pemkab Cianjur akan bekerja sama dengan pengusaha angkutan lokal untuk merangkul para sopir dan komunitas angkutan mini bus jenis Elf agar mereka tetap mendapatkan penumpang dan bisa beroperasi menjelang Lebaran.

"Tujuan diadakan mudik gratis ini sebagai upaya Pemkab Cianjur untuk pemulihan ekonomi sehingga perekonomian di Cianjur Selatan bergairah kembali karena hampir dua tahun warga Cianjur tidak bisa mudik karena adanya pandemi Covid-19," ujar Herman kepada iNewsCianjur saat dihubungi lewat telephone, Sabtu (9/4/2023).

Untuk tekhnisnya Herman menunjuk Dinas Perhubungan sebagai komando  dilapangan bekerjasama dengan komunitas minibus jurusan selatan Cianjur. Mudik gratis ini juga bertujuan agar warga yang hendak mudik ke selatan lebih mudah menggunakan angkutan Elf, sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan sopir dan pemilik angkutan.

Banyaknya keluhan dari pengusaha dan pengemudi minibus, selama ini maraknya beroperasi angkutan travel gelap maupun yang legal sehingga mereka kalah bersaing. Dengan adanya mudik gratis yang melibatkan pengusaha minibus lokal dan komunitas angkutan Elf dapat teratasi. Selama musim mudik Lebaran tetap mendapat penumpang dengannyarif yang sudah disesuaikan.

"Dengan adanya mudik gratis ini semua warga bisa merasakan manfaatnya, menjadikan pemulihan ekonomi untuk semua kalangan, tidak hanya sopir dan pengelola angkutan, tapi semua warga, pelaku usaha di wilayah tujuan mudik juga mendapatkan berkah pembeli yang cukup banyak selama Lebaran," pungkas Herman. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Cianjur, Dadan Ginanjar, mengatakan mudik gratis ini akan dilayani 20 armada minibus Elf dengan target 300 pemudik dengan pemberangkatan H-2 tanggal 19 dan 20 April 2023.

"Star pemberangkatan dari terminal Pasir Hayam untuk semua jurusan ke wilayah Cianjur Selatan. Sedangkan untuk pendaftaran pihaknya masih berkoordinasi dengan Komunitas Driver Elf Mania Indonesia, Cianjur," tuturnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut