get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Momen Puasa SMAN 1 Cianjur Luncurkan Program IMAM

Rabu, 05 April 2023 | 12:46 WIB
header img
(Foto : iNewsCianjur.id/ist.)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - SMA Negri 1 Cianjur meluncurkan program Infaq masal akatualimasagi (IMAM) selama bulan suci Ramadhan 1444 H. Tujuannya untuk menebar kebaikan terhadap sesama.

Program tersebut untuk menunjang kegiatan Smart Pesantren (Smarten) yang merupakan program dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di bulan suci Ramadan

Smartren merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa SMA, SMK dan sederajat serta menumbuhkan sikap serta nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Cianjur, Agam Supriyatna, siswa SMAN 1 Cianjur juga dianjurkan untuk menyisihkan uang jajannya melalui program IMAM.

“Program IMAM ini, telah di ikuti oleh siswa-siswi SMAN 1 Cianjur dengan cara menyisihkan sedikit uang jajannya setiap hari kemudian di laporkan ke aplikasi yang dibuat oleh Dinas Pendidikan,” ujar Agam kepada iNewsCianjur, Rabu (5/4/2023). 

Menurut Agam, program IMAM sendiri sangat bagus untuk melatih empati siswa dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan warga di sekitar. 

"Jadi hasil uang yang di sisihkan siswa, akan di sampaikan kepada orang yang berhak yang membutuhkan seperti panti jompo, panti sosial dan kepada pondok pesantren yang ada di lingkungan siswa dekat rumahnya," kata Agam.

Agam menambahkan, uang yang terkumpul di kegiatan IMAM ini akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Program IMAM ini, dapat di kolaborasikan dengan program lainnya yang saling erat berkaitan. Sehingga melatih karakter siswa SMANSA agar lebih baik lagi dan meningkatkan karakter siswa di sekolah.

“Hasilnya memang telah didistribusikan kepada santunan anak yatim piatu atau panti asuhan dan kepada masyarakat membutuhkan. Bisa juga membagikan wakaf qur’an, wakaf sarung dan bakti sosial,” tambahnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut