get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Jembatan Putus Satu Kampung di Cianjur Terisolir

Senin, 27 Maret 2023 | 08:34 WIB
header img
(Foto : iNewsCianjur.id/ist.)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Akibat diguyur hujan terus menerus sebuah jembatan penghubung di kampung Tutugan Desa Sukarame Kecamatan Sukanagara putus diterjang banjir dan longsor. Akibatnya warga kampung Tutuga terisolasi dan aktifitas tidak bisa melakukan aktifitas keluar.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat Desa Sukarame, Wardoyo (54) menerangkan, hujan deras mengguyur kawasan Desa Sukarame dan wilayah Sukanagara lainnya, dimulai sejak  pukul 13.00 Wib hingga dengan pukul 17.00 WIB yang mengakibatkan terjadinya bencana alam, jembatan putus dan longsor.

"Akibat jembatan putus warga Kampung Tutugan Desa Sukarame terjebak sementara tidak bisa perge keluar Desa. Karena jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya jalan untuk beraktifitas. Untuk itu warga berharap agar bantuan dari pemerintah Kecamatan dan BPBD segera membangun jembatan sementara," ujar Wardoyo saat dihubungi melalui telepon Minggu (26/3/2023) kemarin. 

Atas musibah tersebut warga langsung melaporkan ke pihak Kecamatan dan instansi lainnya. Karena selain jembatan putus juga terjadi longsor dibeberapa titik sehingga aktivitas warga nyaris lumpuh. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut.

 Setelah mendapat laporan tim dari BPBD Kabupaten Cianjur yang didampingi Forkompincam Sukanagara dan pihak desa setempat datang ke lokasi melaksanakan peninjauan dan langsung melakukan asessment dan melakukan himbauan kepada masyarakat sekitar supaya tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas yang sekiranya membahayakan.

Sementara itu, Pusdalops BPBD Kabupaten Cianjur, Wendi Mulyadi menambahkan, terjadinya bencana alam itu setelah mendapat informasi dari pihak Kecamatan Sukanagara. Anggota langsung ke lokasi terjadinya bencana alam longsor dan jembatan penghubung antara kampung yang putus.

"Setelah mendapatkan informasi kami langsung menerjunkan anggota ke lokasi kejadian. Kami juga melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait, assessment kelokasi, himbauan kepada masyarakat terdampak agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan karena dikhawatirkan terjadi bencana alam susulan," pungkas Wendi.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut