get app
inews
Aa Read Next : Trust Indonesia Sarankan Prabowo Prioritas Koalisi dengan Partai Lolos Parlemen

Sendratari Babad Ponorogo Tampil di Pekan Seni Keraton Surakarta

Minggu, 25 Desember 2022 | 23:02 WIB
header img
Tari babat Ponorogo tampil di keraton Surakarta (istimewa)

PONOROGO, iNewsCianjur.id - Pada event Pekan Seni dan Ekonomi Kreatif HUT Pakasa 91 tahun digelar di Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat, Kabupaten Ponorogo menampilkan berbagai kesenian yang cukup atraktif dan menarik masyarakat yang melihatnya, Sabtu 24-12-2022 kemarin.

Perwakilan dari Ponorogo merupakan hasil kolaborasi Pakasa Gebang Tinatar dengan Sanggar Seni Kawasita Art menampilkan Tari Ponorogo Manunggal.

 

Sendratari karya Manunggal di ilhami dari cerita bersatunya beberapa Kadipaten/ Kabupaten yang pernah berdiri di wilayah Kabupaten Ponorogo. Menghias Perjalanan waktu keberadaan Kabupaten yang berdiri pada tahun 1496 sampai tahun 1837.

Dimana tari ini merupakan karya Pimpinan Kawasita, Nila Ainun Luthfiah, Koreografer serta Komposer, Mohammad Robithoh Anshori dan Yuana Febrianti, dengan penata rias Dwi Suryandari bersama Emil Emiliawati. Selain itu juga ada pertunjukan Reog Ponorogo Katon Sumirat dari Pakasa Gebang Tinatar.

"Pada event ini Pakasa Gebang Tinatar Ponorogo mengirimkan 280 orang sebagai peserta kirab serta Duta Seni," kata KRAT Suro Agul-agul Sunarso, Ketua Rombongan, Minggu 25-12-2022.

Lanjutnya, masih menurut Sunarso menambahkan bahwa event ini selama sepekan dari tanggal 16 Desember - 25 Desember 2022.

“Ini merupakan agenda setiap tahun dan selalu melibatkan berbagai unsur lembaga di Indonesia,” pungkasnya.

Pada event ini terjalin kerjasama dengan Kemeterian Pertahanan dalam perekrutan Komando Cadangan Pertahanan Negara (Komcad), BNPT untuk pencegahan Terorisme dan faham radikal Kemeterian Parekraf untuk pengembangan Ekonomi dan Budaya.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut