get app
inews
Aa Read Next : Disdukcapil Cianjur Serahkan Akte Kematian Beni Karyanto PKD yang Meninggal TPS di Cibeber

ASN Pemkab Cianjur Mulai Gunakan KTP Digital

Jum'at, 04 November 2022 | 14:12 WIB
header img
ASN Pemkab Cianjur Mulai Gunakan KTP Digital (Poto; Andi Ichsan / iNewsCianjur.id )

CIANJUR, iNewsCianjur.id, - DISDUKCAPIL/Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mulai menerapkan penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital. 

Penggunaan tanda pengenal KTP Digital tersebut masih terbatas dan hanya diberlakukan pada lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Cianjur, sebagai tahapan awal.

Hingga saat ini diawal bulan November tahun 2022, penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital ini sudah mencapai 61%, dari jumlah 9.821 ASN yang ada di seluruh Pemkab Cianjur.

Munajat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur mengatakan akan terus melakukan sosialisasi hingga tingkat kecamatan. Selain itu dirinya juga mengaku masih adanya hambatan dan belum bisa digunakan secara optimal lantaran harus bermitra dengan sejumlah lembaga-lembaga dan saat ini masih dalam proses.

"Contohnya Perbankan, BPJS, Perpajakan dan lainnya, tapi saat ini masih diproses penerapannya, jadi mereka kan harus punya scan barcodenya yang ada di KTP digital. Tapi kemungkinan ini selesai di akhir tahun,” ujarnya.

Selain itu dirinya menambahkan, Penerapan penggunaan KTP digital ini akan terus digenjot semaksimal mungkin, dan tahapan selanjutnya adalah mahasiswa dan masyarakat umum. Sementara untuk warga yang berada di wilayah dipelosok dan tidak memiliki handphone android tetap masih bisa menggunakan KTP manual.

“Kami prioritaskan mahasiswa karena mereka sudah familiar ya dengan penggunaan andorid dan mampu menyebarkan informasi ini ke yang lainnya. Ada opsi untuk KTP digital ini bagi dipelosok warga yang tidak punya andorid bisa menggunakan KTP manual,” tuturnya.

Sementara itu bagi warga Cianjur yang ingin mempunyai KTP digital, kata Munajat, bisa datang langsung ke kantor kecamatan terdekat atau langsung datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Untuk kemudian melakukan registrasi data dan nantinya akan mendapat pelayanan teknis dari operator tentang  penggunaan KTP digital ini.

“Tinggal download di Playstore tapi registrasi nanti langsung disini, ada operator yang mengoperasikannya semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Udin Saefudin salah seorang ASN Disdukcapil Cianjur menuturkan penggunaan KTP digital ini mempermudah saat tidak membawa KTP manual. Cukup membuka aplikasi di handphone android. 

“Enaknya kalau sudah bekerja sama dengan lembaga baik perbankan atau perpajakan, jadi kita hanya kasih tab dan barcode nanti muncul. pokoknya gak sulit lah sangat mudah,’’ ungkapnya

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut