Logo Network
Network

Pernah Mengalami Sakit Mata Ikan di Kaki, Kenali Sejumlah Penyebab dan Cara Mengatasinya

M. Rizki Fauzi Sidik
.
Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:40 WIB
Pernah Mengalami Sakit Mata Ikan di Kaki, Kenali Sejumlah Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Mata Ikan di bagian kaki.. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewsCianjur.id – Pernahkan kamu mengalami penyakit mata ikan di bagian kaki? Biasanya, mata ikan ini muncul di bagian atas kaki, samping, dan di antara jari-jari.

Mata ikan atau klavus merupakan lapisan kulit yang tebal dan mengeras yang berkembang saat kulit mencoba melindungi diri dari gesekan atau tekanan. 

Sebelum mengetahui penyebab mata ikan di kaki, Anda perlu mengenalinya terlebih dahulu. Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (15/8/2022), gejala mata ikan ini yakni, munculnya area kulit yang tebal dan kasar. Kemudian, bentuknya menyerupai benjolan yang mengeras dan bisa terkelupas. 

Lalu, benjolan pada area kulit yang menebal itu disertai kering. Kadangkala, benjolan yang menyerupai mata ikan itu juga terasa nyeri bila ditekan. Biasanya, kondisi mata ikan ini tidak berbahaya dan umum terjadi karena sejumlah sebab.

Penyebab muncul mata ikan di kaki bisa terjadi karena gesekan dan tekanan dari tindakan berulang. Beberapa sumber gesekan dan tekanan ini diantaranya:

Mengenakan sepatu dan kaus kaki yang tidak pas

Penyebab muncul mata ikan di kaki dapat terjadi karena sepatu dan kaus kaki yang kurang pas. Misalnya, sepatu yang terlalu ketat dan sepatu hak tinggi dapat menekan area kaki.

Jika sepatu Anda longgar, kaki Anda juga mungkin berulang kali meluncur dan bergesekan dengan sepatu. Kaki Anda mungkin juga bergesekan dengan jahitan-jahitan di dalam sepatu.

Selain itu, kaus kaki yang tidak pas juga bisa menjadi masalah dan menyebabkan mata ikan ini.

Tidak pakai kaus kaki 

Mengenakan sepatu dan sandal tanpa kaus kaki dapat menyebabkan gesekan pada kaki Anda. Ini bisa menjadi penyebab muncul mata ikan di kaki.

Genetik

Jenis mata ikan yang terbentuk di daerah yang tidak menahan beban, seperti telapak kaki dan telapak tangan atau keratosis punctata, mungkin disebabkan oleh faktor genetik.

 

Pencegahan

Setelah mengetahui penyebab muncul mata ikan di kaki, Anda perlu juga melakukan langkah-langkah pencegahan berikut ini:

Kenakan sepatu yang memberi ruang pada jari kaki

Jika Anda tidak bisa menggoyangkan jari-jari kaki Anda, itu artinya sepatu Anda terlalu ketat. Pilihlah sepatu yang pas dan memberi ruang pada jari-jari kaki Anda. Jika Anda menggunakan kaus kaki, pastikan untuk memakainya saat mencoba sepatu Anda di toko.

Gunakan pelindung

Kenakan perban di atas area yang bergesekan dengan alas kaki Anda. Atau lebih sederhananya, pakailah kaus kaki yang pas dan memiliki bahan yang bagus.

 

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini