Logo Network
Network

Merasa Dipersulit Bekerja, Ratusan Warga Desa Mentengsari Geruduk Pabrik PT SBI

Andri Sutisna
.
Senin, 15 Agustus 2022 | 14:16 WIB
Merasa Dipersulit Bekerja, Ratusan Warga Desa Mentengsari Geruduk Pabrik PT SBI
Merasa Dipersulit Bekerja, Ratusan Warga Desa Mentengsari Geruduk Pabrik PT SBI ( Poto; Andri Sutisna / iNewsCianjur.id )

CIANJUR, iNews.id- Ratusan warga Desa Mentengsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur menggeruduk pabrik PT Sinar Budi Intraco yang berada di jalan alternatif Jonggol kawasan Citampele, Senin (15/8/2022).

Mereka menuntut warga sekitar dipekerjakan karena banyak yang menganggur sesuai kesepakatan awal. Warga menyebut saat ini malah banyak warga dari luar Mentengsari yang dipekerjakan.

Seorang tokoh warga, Somantri, mengatakan dulu warga memberikan izin pendirian pabrik dengan harapan bisa bekerja dan tak menganggur.

"Kami Ingin warga sekitar diperkerjakan sesuai dengan kesepakatan sebelum pabrik ini berdiri, harapan kami dengan adanya pabrik ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga agar tak menyusahkan pemerintah," ujar Somantri.

Namun Somantri melihat kenyataanya saat ini warga Desa Mentengsari yang ingin masuk bekerja seperti dipersulit dan dipertanyakan ijasahnya.

"Awalnya mereka memberikan keringanan asal ada kemauan cukup dengan KK dan KTP saja tapi kenyataannya bagaimana sekarang," kata Somantri.

Somantri berharap, perusahaan bisa mempekerjakan warga Desa Mentengsari dengan upah yang layak.

"Bupati Cianjur tolong bantu kami kalau tak ada keuntungan bagi warga sekitar kenapa pabrik ini berdiri di sini. Jika tak ada keuntungan yang pro rakyat kami minta ditutup saja perusahaan ini," ujarnya.

Perwakilan warga yang ikut beraudiensi dengan HRD PT Sinar Budi Intraco, mengatakan hasil dari pertemuan warga dengan HRD telah menyepakati jika ada perekrutan harus rekomendasi warga dan pihak desa.

"Pertimbangan HRD jugabakan secepatnya melaporkan kepada owner dan menjalin kemitraan dengan forum warga," katanya.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini