get app
inews
Aa Read Next : Sungai di Cianjur Tercemar Bakteri E-Coli Akibat Sampah Rumah Tangga

Ternyata Konsumsi Ikan Payo Bikin Awet Muda Warga Kampung Adat Miduana Dan Berumur Panjang

Sabtu, 23 Juli 2022 | 18:35 WIB
header img
Sejumlah Warga Kampung Adat Miduana Saat Makan Ikan Payo (Poto: iNews.Cianjur.id, / A.Jajang Sugiarto)

CIANJUR, iNews.id -  Kampung Adat Miduana yang terletak di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul,Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dikenal kaya dengan kebudayaan dan beragam keunikannya. Keindahan alamnya menambah pesona Kampung Adat yang tengah viral belakangan ini karena banyaknya warga di sana yang berumur panjang hingga ratusa tahun.

Ketua Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia (YKLI), Wina Resky Agustina, selaku pendamping warga adat Miduana mengatakan salah satu rahasia awet muda warga Miduana karena mereka selalu mengkonsumsi makanan sehat yang bersumber dari alam. Salah satunya mereka sering mengkonsumsi Ikan Payo yang biasa mereka dapatkan dengan mudah dari Sungai Cipandak.

“Meskipun belum didukung penelitian yang memadai, mengkonsumsi Ikan payo yang hanya ada di Sungai Cipandak Miduana dipercaya warga bisa membuat awet muda dan panjang umur,” kata Wina yang juga Tenaga Ahli Cagar Budaya Kabupaten Cianjur kepada inews.id,saat memberikan pendampingan Seni Budaya di Kampung adat miduana naringgul, Sabtu (23/7/2022).

Seperti diberitakan sejumlah awak media salah satu yang menarik dari Kampung Adat Miduana adalah banyaknya warga yang memiliki usia panjang. bahkan tidak sedikit yang usianya sudah di atas 100 tahun.

Ditempat terpisah Sesepuh Adat Kampung Miduana, Abah Yayat, mengatakan, warga kampung adat miduana Desa Balegede, Kecamatan Naringgul ini memang dianugerahi usia yang panjang oleh Sang Pencipta. Berdasarkan catatan, dari total 364 jiwa di kampung tersebut, ada sekitar 14 orang yang berusia di atas 90 tahun.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut